(021) 848 4448 info@sensasi.id

Apa yang Dimaksud Digital Marketing?

Digital marketing adalah suatu aktivitas promosi sebuah brand ataupun produk menggunakan media elektronik (digital). Puluhan tahun yang lalu, media untuk digital marketing sangatlah terbatas, sebutlah televisi atau radio yang hanya dapat menyampaikan informasi secara satu arah.

Sekarang ini, dengan majunya perkembangan teknologi digital yang sangat pesat juga penerimaan yang cukup luas dari hampir semua lapisan masyarakat, membuat model pemasaran digital adalah salah satu faktor channel utama.

Mengenal Digital Marketing dan Cara Penerapannya

Berikut contoh teknik pemasaran yang termasuk dalam digital marketing:

  • SEO – Search Engine Optimization
  • Periklanan online – Facebook ads, Instagram ads, Google Ads, dll.
  • Promosi media cetak
  • Iklan televisi & radio
  • Billboard elektronik (video tron)
  • Email marketing
  • Mobile marketing dan lainnya

Digital Marketing vs Marketing Konvensional

Tidak seperti iklan media cetak, selebaran brosur, koran dan semacamnya, strategi pemasaran dengan menggunakan media digital khsusunya online dapat diukur secara tepat bahkan real-time.

Dengan menggunakan media digital, Anda akan mengetahui berapa lama iklan video produk Anda dilihat oleh audience, berapa persen hasil konversi penjualan dari setiap iklan yang anda tayangkan, dan tentunya Anda bisa menganalisa iklan mana saja yang baik dan tidak.

Tracking pemasaran digital ini tentu sangat membantu sekali untuk para pebisnis dalam menghitung ROI (return of investment) dari budget marketing perusahaan mereka.

Selain faktor kemudahan untuk analisa dan evaluasi, jangkauan geografis juga menjadi salah satu keunggulan strategi pemasaran digital. Dengan memanfaatkan media digital, Anda dapat menyebarkan konten/brand produk perusahaan Anda ke seluruh dunia hanya dengan melakukan beberapa kali klik.

Dengan alasan ini juga, metode offline marketing konvensional bahkan sudah tidak dipakai sama sekali oleh perusahaan tertentu.

Cara Memulai Digital Marketing

Jika kita membahas tentang digital marketing, sebagaimana sudah diulas pada tulisan di atas, Oleh karena itu, sangat penting bagi seorang digital marketer untuk tahu strategi dan resource yang dibutuhkan sebuah perusahaan agar pemasaran digital dapat berjalan dengan baik dan sesuai target yang ditentukan.

Salah satu elemen penting dalam digital marketing adalah aset, kenali dahulu apa saja aset digital yang Anda miliki, baru anda mulailah untuk fokus dalam beberapa aset saja sebagaimana telah dibahas pada tulisan cara memulai bisnis di media sosial.

Beberapa aset dalam digital marketing:

  • Website
  • Postingan untuk blog
  • Akun media sosial
  • Identitas brand (logo, company profile)
  • Jejak Visitor (review/feedback dari pelanggan dll.)

Jika Anda sudah mempunyai beberapa aset di atas, yang perlu Anda lakukan yaitu untuk mengoptimalkan aset-aset tersebut untuk membangun brand perusahaan Anda miliki.

Contoh untuk website dan blog bisnis, tulislah secara berkala artikel yang sangat menarik calon pelanggan Anda. Bisa juga membuat postingan melalui sosial media seperti Instagram, Facebook, maka buatlah foto dan video pendek yang menarik dan share-able.

Faktor lain yang cukup penting, jika anda aktif dengan forum atau marketplace publik, maka usahakanlah profil usaha kamu punya rating dan review yang baik dari para pelanggan.

Hal tersebut juga menjadi salah satu tanda bahwa brand yang anda miliki bagus. Jika kamu sudah mulai mengenal digital marketing, anda juga sudah tahu komponen pengeluaran serta harga jasa digital marketing sebagai acuan dasar.

SHARE
×
× How can I help you?