Cara mengaktifkan core prosesor yang tidak terpakai di windows 10. Cara mengetahui jumlah core yang ada di prosesor di windows 10

Melalui Task Manager

Utilitas sistem ini adalah harta karun berupa informasi tentang status perangkat dan spesifikasinya. Dengan memanggil Pengelola Tugas, Anda dapat menemukan semua informasi yang diperlukan yang memungkinkan Anda mengetahui seberapa baik CPU menangani tugas.

Cara mengetahui berapa banyak inti dan utas yang dimiliki prosesor:

  1. Hubungi Pengelola Tugas dengan menekan tombol pintas Ctrl + Alt + Delete atau dengan mencari program melalui Pencarian;

  2. Buka tab "Kinerja";

  3. Bagian CPU akan segera terbuka. Di bawah bagan penggunaan sumber daya, informasi tentang kecepatan, waktu aktif, dan lainnya akan ditampilkan. Di sini Anda juga dapat melihat bantuan tentang jumlah utas, yang disebut prosesor logis.
  • Jumlah aliran ditampilkan di kolom kiri di seberang “Aliran”.
  • Jumlah core tersedia melalui kolom kanan pada baris “Cores”.

Metode yang disajikan bagus untuk kecepatannya - Anda bisa mendapatkan semua informasi yang diperlukan tentang prosesor, berapa banyak inti dan utas yang dimilikinya, dalam beberapa klik mouse.

Cari tahu berapa banyak utas dalam prosesor

Dalam kenyataan saat ini, prosesor dual-core modern dapat mengungguli pendahulunya quad-core, karena sepasang inti fisik dapat secara efektif dibagi menjadi dua pasang virtual. Meskipun tidak semua aplikasi, dan terutama game, dapat sepenuhnya berinteraksi dengan utas tanpa membebani salah satu dari mereka, namun, komputer menemukan cara memuat inti logis yang tersisa, misalnya, dengan aplikasi latar belakang, tanpa membiarkan sistem melambat. Dan Anda dapat mengetahui berapa banyak dari inti virtual atau logis ini, yang juga disebut utas, menggunakan perangkat lunak khusus dan monitor Windows standar.

Metode 1: CPU-Z

CPU-Z adalah program gratis untuk melihat parameter dasar sistem PC. Ini tidak memiliki lokalisasi resmi Rusia.

Segera setelah memulai program, perhatikan sudut kanan bawah. Di baris "Utas" akan ada nilai untuk jumlah utas, dan di sebelah kiri akan ada jumlah inti.

Dengan demikian, sangat mudah untuk melihat jumlah core melalui CPU-Z, yang menjadikan program ini tercepat dan ternyaman untuk sebuah operasi.

Metode 2: Speccy

Speccy adalah program shareware dari pencipta CCleaner. Meskipun, harus dikatakan bahwa versi PRO tidak menyertakan fitur tambahan apa pun selain pembaruan otomatis dan dukungan premium. Speccy memungkinkan Anda melihat dengan cepat berapa banyak utas yang dimiliki prosesor Anda. Memiliki terjemahan ke dalam bahasa Rusia.

    Dari tab "Informasi Umum", alihkan ke "CPU".

Perhatikan baris pertama parameter di bawah nama prosesor Anda. Baris "Flows" akan berisi informasi yang Anda cari.

Speccy adalah program yang sedikit lebih informatif daripada CPU-Z, dan karena itu sedikit lebih rumit, tetapi bahkan dengan dua klik Anda dapat melihat jumlah benang di dalamnya.

​​​​

Metode 3: Process Explorer

Process Explorer adalah monitor proses sistem gratis. Sebelumnya dirilis oleh pengembang independen, sekarang diakuisisi dan dikelola oleh Microsoft.

    Setelah menjalankan program, klik grafik persegi pertama, yang bertanggung jawab untuk menampilkan data prosesor.

Jumlah utas prosesor akan ditampilkan di baris "Prosesor Logis".

Metode 4: AIDA64

AIDA64 adalah program yang sangat kaya fitur dengan masa percobaan gratis. Di dalamnya, Anda dapat melihat banyak parameter komputer, termasuk jumlah utas.

    Setelah membuka AIDA64, buka tab Motherboard dengan mengklik label atau baris yang sesuai.

Selanjutnya, buka tab "CPU" dengan cara yang sama.

Gulir ke bagian bawah halaman, di mana setelah baris "Multi CPU" akan ditemukan inti logis dari prosesor Anda, dan nomornya yang terakhir adalah jumlah total utas.

Meskipun beberapa kesulitan dalam penguasaan, AIDA64 adalah alat yang sangat baik untuk tugas-tugas ringan seperti yang kita pertimbangkan dalam artikel hari ini.

Metode 5: Pengelola Tugas

Monitor sistem Windows standar juga dapat menunjukkan jumlah utas PC. Untuk melakukan ini, buka "Task Manager" dengan cara apa pun yang nyaman bagi Anda: melalui kombinasi tombol "Ctrl + Alt + Delete" atau melalui "Search" di "Taskbar". Setelah itu, buka tab "Kinerja" dan lihat jumlah prosesor logis.

Jangan bingung saat ini "Utas", yang nilainya di sebelah kiri inti logis, dengan nilai jumlah utas dari prosesor itu sendiri. Dalam konteks "Task Manager", utas adalah prosedur pelaksanaan program pada titik waktu tertentu.

Metode 6: "Device Manager"

Sebagai opsi terakhir, Anda harus menganalisis pelaksanaan prosedur ini melalui "Device Manager" Windows. Dengan alat ini, Anda dapat melihat perangkat keras yang terpasang di sistem, serta informasi tentang prosesor dan, khususnya, jumlah utasnya. Untuk melakukannya, buka "Pengelola Perangkat" dengan cara yang nyaman bagi Anda: melalui "Telusuri" di "Bilah Tugas" atau dengan mengeklik kanan pintasan "Komputer" > "Properti" > "Pengaturan perangkat".

Ketika petugas operator terbuka, klik pada baris "Prosesor" dan hitung jumlahnya (petugas operator melihat utas, bukan inti). Ada berapa baris, begitu banyak benang.

Dengan menggunakan salah satu metode di atas, baik perangkat lunak pihak ketiga maupun fungsi bawaan, Anda dapat dengan mudah mengetahui jumlah utas di prosesor komputer.

Kami senang dapat membantu Anda memecahkan masalah.

Bookmark Lumpics.ru dan kami akan berguna bagi Anda. Terima kasih penulis, bagikan artikel di jejaring sosial.

Jelaskan apa yang tidak berhasil untuk Anda. Pakar kami akan mencoba menjawab secepat mungkin.

Melihat informasi CPU melalui "Informasi Sistem"

Windows 10 memiliki aplikasi bawaan untuk melihat informasi sistem yang komprehensif, Anda juga dapat menemukan informasi CPU di sini. Ini dapat dilakukan dalam beberapa langkah sederhana:

  1. Buka jendela Jalankan menggunakan kombinasi pencarian atau tombol pintas Win + R;
  2. Di jendela yang muncul, masukkan perintah msinfo32;

  3. Klik OK untuk membuka panel Informasi Sistem;
  4. Di sisi kanan layar, temukan baris "Prosesor". Ini akan menunjukkan pabrikan CPU, jumlah inti dan utas fisik, serta frekuensi prosesor.

Utilitas Informasi Sistem menyediakan informasi yang andal tentang semua komponen komputer Anda.

Bagaimana cara memeriksa spesifikasi komputer menggunakan program pihak ketiga?

Cara lain untuk memeriksa pengaturan komponen komputer Anda adalah dengan menggunakan salah satu program eksternal.

Untuk melakukannya, Anda perlu menginstal yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Diantaranya adalah HWINFO, yang juga memungkinkan Anda untuk memeriksa suhu PC Anda.

Fitur yang menarik juga adalah pelaksanaan tes beban sederhana. Alternatifnya adalah Everest, yang menyediakan informasi tentang semua komponen yang terpasang, dan juga memungkinkan Anda untuk memeriksa kecepatan memori.

Program lain - CPU-Z juga memberi tahu Anda tentang prosesor, motherboard, memori, dan model chipset komputer Anda.

Situs web resmi pabrikan

Setelah mengetahui pabrikan prosesor PC atau laptop, mudah untuk memeriksa karakteristik terperinci dari model di situs web utama pabrikan CPU.

Misalnya, untuk pabrikan Intel, properti teknis prosesor dapat ditemukan sebagai berikut:

  1. Kunjungi situs web Intel.
  2. Masukkan bagian dari nama prosesor di kotak pencarian dan tekan Enter.
  3. Temukan prosesor Anda di hasil pencarian.
  4. Klik tautan untuk menuju ke spesifikasi teknis.
  5. Di bagian Performance, temukan 2 baris: Jumlah utas dan Jumlah inti.

Jika Anda memiliki model perangkat dari pabrikan lain (misalnya, AMD), cukup masukkan namanya di mesin telusur mana pun dan buka ke permintaan pertama. Ini akan mengarah ke situs web resmi pabrikan dan berisi informasi kinerja terperinci.

Apa itu inti prosesor?

Inti prosesor adalah prosesor individu di dalam CPU (unit pemrosesan pusat). Setiap proses yang berjalan di komputer kita, baik itu proses sistem, permainan perangkat lunak, permainan, atau semacam aktivitas web, tidak lain adalah serangkaian instruksi tertulis. Set instruksi ini diberikan ke CPU oleh sistem operasi dan CPU melakukan perhitungan.

Kecepatan CPU melakukan perhitungan ditentukan oleh frekuensi prosesor, dan jumlah set instruksi yang dapat digunakan CPU secara bersamaan ditentukan oleh frekuensinya. jumlah inti prosesor. CPU single-core hanya dapat memproses satu set instruksi, sedangkan CPU dual-core dapat memproses dua set instruksi, dan seterusnya. Oleh karena itu, jumlah inti merupakan faktor penting yang mempengaruhi kinerja sistem secara keseluruhan.

Informasi CPU di Pengelola Perangkat (Windows 10)

Utilitas lain yang memungkinkan Anda mengetahui semua karakteristik dasar CPU yang diinstal dengan cepat adalah Pengelola Perangkat Windows.

Jumlah inti prosesor di Windows 10 dapat diperoleh dengan cara berikut:

  1. Temukan pintasan "PC ini" di desktop atau masukkan nama di bilah Pencarian;
  2. Klik kanan pada pintasan dan pilih "Properti";

  3. Anda juga dapat membuka jendela utilitas Device Manager dengan membuka dialog "Run" dan memasukkan perintah "devmgmt.msc";

  4. Jendela Sistem muncul. Di sisi kiri layar, pilih "Pengelola Perangkat";
  5. Dalam menu, Anda dapat melihat informasi tentang semua komponen komputer. Temukan item "Prosesor" dan buka. Menu bar akan muncul, yang jumlahnya sama dengan jumlah core PC. Anda bisa langsung membaca nama masing-masing, pabrikan dan frekuensinya.

Mengetahui parameter komponen komputer, kita dapat dengan cepat, dengan mudah dan dengan demikian lebih efisien memilih perangkat tambahan untuk itu, yang akan meningkatkan kinerjanya atau memperluas area penggunaannya.

Pengetahuan juga diperlukan dalam situasi di mana komputer berhenti bekerja dengan baik dan memerlukan perbaikan atau penggantian komponen tertentu.

Namun, tidak semua orang mengetahui bagian dalam komputer mereka. Apakah Anda memerlukan pengetahuan ahli untuk mengetahui hal ini? Pelajari cara memeriksa pengaturan komputer Anda tanpa bantuan seorang profesional.

Mendapatkan data melalui konsol

Jika Anda lebih suka bekerja dengan CLI komputer (atau konsol PowerShell), Anda bisa mendapatkan informasi yang diperlukan tentang prosesor dengan mengetikkan hanya satu perintah. Dan tidak perlu memasukkannya atas nama administrator.

​​
  1. Buka command prompt melalui dialog Run dengan menekan Win + R pada keyboard Anda.
  2. ​​
  3. Di jendela yang muncul, masukkan perintah "cmd".

  4. Ketik "WMIC CPU Get DeviceID, NumberOfCores, NumberOfLogicalProcessors" ke dalam konsol.

  5. Setelah penundaan kedua, daftar prosesor PC ditampilkan, dan untuk masing-masing, jumlah inti dan prosesor logis.

Cara mengidentifikasi prosesor Intel® saya

Ada berbagai opsi untuk mendapatkan nama dan nomor prosesor Intel®.

Metode di bawah ini berlaku untuk semua prosesor Intel® seperti Intel® Core™, Intel® Xeon®, Intel® Pentium®, Intel® Celeron®, dan Intel Atom®.

Opsi 1: Sistem operasi

Windows *
  1. Tekan tombol Windows pada keyboard dan mulai mengetikSistem, pilih System information yang akan menampilkan informasi tentang prosesor dengan nama, nomor, dan kecepatan prosesor.
  2. Jika tombol Windows tidak tersedia pada keyboard, gunakan mouse untuk menavigasi ke ikon Windows yang terletak di sudut kiri bawah layar, klik kanan dan pilih Sistem. Temukan nama dan nomor prosesor di informasi prosesor.

    Contoh di bawah ini menunjukkan kasus pemilihan Sistem Informasi

    dan Sistem.

Linux *

Masukkan perintah berikut

lscpu | grep "Nama model"

Lihat contoh:

MAC OS

Masukkan perintah berikut dalam aplikasi terminal

sysctl -a | grep machdep.cpu.brand_string

Lihat contoh:

Opsi 2: Kotak pengiriman

Jika Anda membeli prosesor Intel® kotak, informasi nomor prosesor bersama dengan informasi lain seperti sebagai nomor batch (FPO) dan nomor seri (ATPO) tercetak pada kemasan.

Opsi 3: Label Prosesor

Nama dan nomor Prosesor Intel® terletak di bagian atas prosesor. Contohnya di bawah ini.

Tonton video ini untuk mempelajari cara mengidentifikasi nama dan nomor prosesor Intel® Anda.

Menentukan generasi prosesor Intel® Core ™

Anda juga dapat menentukan generasi prosesor jika prosesor Anda adalah Intel® Core ™. Generasi prosesor adalah angka pertama setelah i9, i7, i5, atau i3.

Berikut beberapa contohnya:

  • Prosesor Intel® Core™ i7- 10 Prosesor 710U Generasi ke-10 karena nomor 10 tercantum setelah i7.
  • Intel® Core™ i9- 9 900 generasi ke-9 prosesor karena nomor 9 muncul setelah i9.
  • Prosesor Intel® Core™ i7- 9 850H generasi ke-9 karena angka 9 muncul setelah i7.
  • Intel® Core™ i5- 8 600 Prosesor Generasi ke-8 karena nomor 8 muncul setelah i5.
  • Prosesor Intel® Core™ i3- 7 350K generasi ke-7 karena angka 7 muncul setelah i3.
  • Intel® Core™ i5- 6 400T 6th Genprocessor karena angka 6 muncul setelah i5.

.

Perangkat lunak CPU-Z

Perangkat lunak tambahan sering kali memberi pengguna lebih banyak pilihan daripada aplikasi bawaan. Windows 10 memiliki sejumlah besar utilitasnya sendiri, tetapi Anda dapat mempelajari segala sesuatu tentang prosesor menggunakan alat pihak ketiga.

Aplikasi CPU-Z menawarkan berbagai fungsi yang memungkinkan Anda mengetahui hampir semua informasi tentang prosesor (termasuk jumlah prosesor) dalam beberapa klik.

  1. Anda dapat mengunduh utilitas dari tautan berikut di halaman resmi.
  2. Setelah mengunduh distribusi CPU-Z, jalankan aplikasi;
  3. Di tab CPU, di kanan bawah, bidang "Cores", serta "Threads" akan disajikan: berapa banyak core dan thread yang aktif dalam prosesor, masing-masing;

  4. Program yang sama memberikan informasi yang berguna seperti tegangan prosesor dan ukuran cache.

Banyak pengguna pemula sering bertanya-tanya tentang kinerja komputer atau laptop mereka dan ingin memeriksa spesifikasi perangkat kerasnya. Prosesor adalah bagian terpenting dari PC, bersama dengan RAM dan kartu grafis. Pada artikel ini, kita akan melihat cara mengetahui semua karakteristik utamanya (jumlah inti / utas, frekuensi, dll.) di Windows 10.

Cara mengetahui berapa banyak inti prosesor melalui "tugas Pengelola"?

Ada banyak cara untuk mengetahui informasi ini. Mari kita mulai dengan yang paling sederhana:

  1. Pada keyboard perangkat Anda, tahan tombol "Ctrl + Shift + Esc".
  2. Jendela Pengelola Tugas akan dimulai. Kita harus pergi ke tab "Kinerja".

  3. Pada sub-item “CPU”, yang terbuka secara default, semua data tentang komponen akan ditunjukkan, yaitu: frekuensi, jumlah inti dan utas, ukuran cache semua level, dll.

Fakta menarik! Jendela ini menampilkan penggunaan CPU secara real-time dalam grafik yang nyaman.

Melalui baris perintah Windows 10

Anda kemungkinan besar sudah akrab dengan alat sistem ini...

  1. Dalam pencarian Windows, kami tulis frasa "cmd".
  2. Di kolom kanan, pilih "Jalankan sebagai administrator".
  3. Jalankan baris perintah itu sendiri. Di sini kita perlu memasukkan perintah "WMIC CPU Get DeviceID, NumberOfCores, NumberOfLogicalProcessors".

Selesai! Tampilan informasi di sini sangat tidak nyaman, tetapi semua informasi tentang jumlah inti dan prosesor logis dalam "batu" sepenuhnya benar.

Bagaimana cara melihat berapa banyak inti melalui pengelola perangkat?

Device Manager berisi semua informasi tentang semua komponen yang terpasang di PC/laptop Anda.

  1. Tekan kombinasi tombol berikut - "Win + Pause / Break" untuk membuka jendela dengan informasi tentang sistem Windows 10.
  2. Sudah pada tahap ini kita melihat nama prosesor yang terpasang (cukup "mengarahkannya" ke mesin pencari dan mendapatkan karakteristik lengkap tentang kinerja prosesor).
  3. Kita dapat melakukannya tanpa mesin pencari... Di sisi kiri tampilan kita menemukan item "Pengelola Perangkat".
  4. Di jendela baru, temukan bagian "Prosesor" dan klik di atasnya.

Apa itu prosesor (CPU)?

Prosesor (CPU) adalah salah satu komponen perangkat elektronik yang bertanggung jawab untuk melakukan tugas, yaitu menghitung, menyalin data yang diperlukan, melakukan lompatan, dll.

Sederhananya, prosesor melakukan perhitungan yang memungkinkan eksekusi sederhana dan kompleks dari tindakan tertentu dalam sistem.

307]

Tanpa CPU, kita tidak akan dapat menjelajahi Internet, mendengarkan musik, menulis di program kantor, atau bermain game.

Prosesor sebenarnya memiliki banyak nama dan mungkin memiliki varian yang berbeda. Seringkali kartu grafis atau komponen komputer khusus yang bertanggung jawab untuk memproses grafis disebut unit pemrosesan grafis (GPU - Graphics Processing Unit), meskipun tidak hanya terdiri dari unit komputasi itu sendiri.

Unit pemrosesan grafis berbeda dari prosesor komputer "biasa", yang disebut sebagai CPU, oleh arsitektur eksekusi dan penggunaan yang dimaksudkan.

Bacaan yang direkomendasikan: cara memilih prosesor untuk komputer

GPU melakukan lebih banyak tugas pada saat yang sama daripada prosesor pusat, dan ini karena fakta bahwa itu dapat langsung menampilkan di layar struktur grafik yang sangat kompleks, grafik tiga dimensi, dan memprosesnya setiap detik tanpa penundaan dan kesalahan.

Gamer mengetahui hal ini dengan sangat baik, termasuk gamer kasual, jadi tidak mungkin menjalankan game dengan grafis memukau tanpa GPU yang cukup kuat.

Prosesor "khusus" juga memiliki kartu suara dan bahkan kamera, tetapi yang pertama membutuhkannya untuk pemrosesan sinyal digital sehingga kita dapat mendengar suara yang sebenarnya, dan yang terakhir untuk menangkap gambar secara efisien dari lingkungan dan Simpan itu. Sebagai informasi dalam bentuk digital dalam memori yang tersedia, internal atau dari kartu.

Terbuat dari apakah prosesor PC?

Prosesor ini terbuat dari wafer silikon kecil, yang diproduksi di bawah kondisi steril yang sangat ketat. Pada wafer silikon yang sama, dikelilingi oleh wadah kedap udara khusus, ada banyak sekali transistor.

Prosesor modern memiliki banyak inti, yang meningkatkan efisiensinya.

Inti adalah salah satu bagian fisik prosesor dan bertanggung jawab langsung untuk melakukan perhitungan.

Apa pengaruh multi-core

Inti prosesor berfungsi sebagai komputer. Dialah yang melakukan sebagian besar tugas yang diberikan oleh pengguna.

Jika hanya ada satu inti, maka hanya itu yang melakukan semua fungsi, yang mengarah pada pembentukan antrian. Misalnya, antrian terlihat ketika Anda memulai beberapa program, dan mereka membuka satu demi satu, dan tidak pada waktu yang sama. Ini berarti bahwa kernel pertama-tama memulai satu aplikasi, dan kemudian memulai yang kedua.

Tetapi jika prosesor memiliki dua, empat, enam inti, maka tugas yang ada didistribusikan di antara mereka, yang mengurangi jumlah permintaan yang mengantri untuk dieksekusi. Misalnya, jika Anda menjalankan dua program pada prosesor inti ganda, maka satu inti akan memulai satu aplikasi, dan yang kedua akan memulai yang lain.

Tidak semua program mendukung pembagian tugas menjadi inti, tetapi setiap tahun jumlahnya lebih banyak. Omong-omong, Windows adalah 32 dan 64-bit, yaitu, versi sistem operasi untuk prosesor single-core dan dual-core berbeda.

Jadi, jumlah inti pada akhirnya memengaruhi kecepatan tugas: semakin banyak inti, semakin cepat mereka akan melakukan semua yang diperlukan dari mereka.

Mengapa perlu mengetahui parameter komponen komputer?

Beberapa orang berpikir bahwa pengetahuan ini tidak diperlukan setiap hari, sehingga mereka tidak dapat menentukan parameter dasar dari komponen terpenting komputer mereka.

Namun, ada baiknya berfokus pada elemen-elemen yang menentukan kecepatan perangkat, memorinya, serta kualitas gambar dan suara.

Ini termasuk: prosesor, kartu grafis, motherboard, RAM, dan drive. Mengetahui tentang mereka, atau setidaknya di mana memeriksa parameter komputer Anda, Anda akan mengetahui kemampuan perangkat Anda.

Mereka memutuskan tujuannya, serta kualitas pekerjaannya. Pengetahuan ini, berkat itu Anda dapat dengan cepat melakukan setidaknya analisis awal tentang penyebab kerusakan.

Terakhir, Anda memiliki dua cara untuk memeriksa pengaturan komponen komputer .

Anda dapat menggunakan informasi di PC Anda menggunakan alat sistem.

Opsi kedua adalah menggunakan program eksternal yang mungkin menawarkan fitur tambahan seperti memeriksa suhu komputer atau memeriksa kecepatan memori.

Namun, tidak semua jenis program ini gratis atau tersedia dalam berbagai versi—gratis dasar dan berbayar lanjutan.

Cores, Threads, dan Timings

Kinerja prosesor sangat bergantung pada jumlah core. Bagi pengguna, ini berarti komputer dengan lebih banyak core akan lebih mampu menjalankan beberapa program secara bersamaan.

Semakin banyak inti yang dimiliki sistem tertentu, semakin banyak tugas yang dapat dilakukan pada waktu tertentu.

Beberapa model menawarkan teknologi Hyper Threading dan memungkinkan pemrosesan dua utas (perhitungan) secara simultan menggunakan satu inti.

Utas meningkatkan kinerja komputer Anda dengan menggandakan jumlah tugas yang dapat dilakukan secara bersamaan.

Kami juga membaca: Pendingin mana yang lebih baik untuk dipilih untuk prosesor

Cara mengetahui jumlah core

Sebelum mengaktifkan core tambahan, Anda perlu mencari tahu apakah prosesor memilikinya. Pertama, informasi tentang prosesor disajikan dalam instruksi untuknya atau di situs web resmi pabrikan. Untuk mengetahui model prosesor, lakukan hal berikut:

    Luaskan pengaturan sistem.

Buka Pengaturan Sistem

Buka Blok Sistem

Temukan baris "Prosesor" di tab "Tentang sistem"

Kedua, informasi dapat ditemukan melalui pengaturan sistem dan program pihak ketiga.

Melalui Device Manager

Untuk memeriksa jumlah core prosesor melalui Device Manager, ikuti langkah berikut:

    Klik kanan pada menu Start dan pilih tab "Device Manager ".

Buka tab Pengelola Perangkat

Luaskan blok "Prosesor" dan hitung core

Video: cara mengetahui jumlah core menggunakan "Device Manager"

Melalui CPU-Z

CPU-Z adalah utilitas gratis yang menyediakan informasi rinci tentang komputer. Di halaman utamanya "CPU" adalah baris "Jumlah inti aktif", yang menunjukkan jumlah inti yang tersedia.

Lihat baris Cores di utilitas CPU-Z untuk mengetahui jumlah core prosesor

Via AIDA64

AIDA64 juga memiliki versi gratis dari program yang dapat Anda gunakan. Setelah membukanya, buka item "Papan sistem" - "CPU". Temukan blok Multi CPU dan hitung berapa banyak inti yang dijelaskan di dalamnya.

Lihat blok Multi CPU untuk mengetahui jumlah core

Cara mengaktifkan semua core di Windows 10 dan temukan jumlah mereka di komputer prosesor

Komputer modern memiliki kemampuan komputasi yang hebat, sehingga sulit untuk mengejutkan seseorang dengan prosesor dua, empat atau bahkan enam inti. Tetapi pengguna pemula yang tidak terbiasa dengan "isian" teknis perangkat mungkin tertarik dengan cara mengaktifkan semua inti di Windows 10 untuk meningkatkan kinerja komputer.

Bagaimana cara mengetahui jumlah inti prosesor?

Anda dapat mengetahui berapa banyak inti prosesor yang terpasang di komputer atau laptop Anda menggunakan program, alat bawaan Windows, dan di deskripsi prosesor.

Dalam deskripsi CPU

Lihat instruksi untuk perangkat, model mana yang diinstal pada komputer Anda. Setelah itu, temukan deskripsi prosesor di Internet.

Bermanfaat! Anda juga dapat melihat model dalam deskripsi OS: RMB pada menu Mulai → Sistem → di blok "Sistem", nama CPU ditunjukkan.

Untuk Windows

  1. Ketik "Device Manager" di kotak pencarian dan jalankan utilitas.
  2. Buka cabang "Prosesor" - ini menunjukkan jumlah inti di prosesor pusat.

Program

Banyak program telah dibuat yang menunjukkan karakteristik perangkat.

CPU-Z

Program CPU-Z gratis sederhana dan tidak menuntut sumber daya. Jalankan utilitas dan buka tab "CPU" → di bagian "jumlah inti aktif", inti prosesor ditunjukkan.

AIDA64

Utilitas shareware AIDA64 berisi sekumpulan besar fungsi.

Jalankan program → Motherboard → CPU → Multi CPU.

Opsi alternatif: Komputer → Ringkasan informasi → Blok motherboard → pada baris “CPU type” LMC pada prosesor → Informasi produk.

Berapa banyak inti yang digunakan secara default

Hal utama yang harus diingat! Dalam prosesor multi-core, semua core selalu bekerja secara bersamaan (baca artikel "Menyetel kinerja maksimum Windows 10 untuk mempercepat komputer Anda"). Pada dasarnya, mereka beroperasi pada frekuensi yang berbeda (tergantung pada pengaturan BIOS atau utilitas khusus yang disertakan dengan motherboard).

Keuntungan dari operasi CPU multi-core dapat diringkas sebagai berikut. Jika seseorang menuangkan air dari satu keran ke dalam ember, dia akan melakukan pekerjaan ini dalam satu periode waktu. Jika Anda menyalakan keran kedua, Anda dapat mengisi ember lebih cepat, tetapi jumlah air yang dapat ditampung secara total tidak akan bertambah.

Saat menggunakan dua derek, pekerjaan dioptimalkan. Hal yang sama terjadi ketika menggunakan banyak inti di CPU - ini memproses data yang masuk untuk perhitungan lebih cepat dan lebih produktif.

Penting! Prosesor hanya bekerja dalam mode multi-utas jika program yang dijalankannya dioptimalkan untuk itu. Jika produsen perangkat lunak belum menerapkan dukungan untuk CPU multi-inti, hanya satu inti yang akan digunakan.

Bagaimana cara menggunakan semua inti?

Satu-satunya waktu prosesor tidak dapat menggunakan semua inti adalah saat sistem operasi melakukan booting. Tetapi konfigurasi kerja ini dapat diubah dengan dua cara - di Windows dan pengaturan BIOS (cara mem-boot BIOS, baca artikel "Bagaimana cara memulai BIOS dan mengubah prioritas boot di dalamnya?").

Untuk Windows 10

  1. Ketik di bilah pencarian Windows perintah: msconfig.
  2. Di jendela Konfigurasi Sistem → tab Boot → Pengaturan lanjutan.
  3. Centang kotak "Number of processors" dan pilih jumlah maksimum dari daftar drop-down di bawah ini.
  4. Centang kotak untuk "Memori maksimum" dan masukkan nilai maksimum.
  5. Hapus centang "PCI Lock" dan "Debug" → simpan perubahan → lalu periksa pengaturan Anda. Jika mereka tersesat, atur indikator ukuran memori ke nilai yang lebih rendah.

Penting! Setiap inti harus memiliki setidaknya 1024 MB RAM, jika tidak, Anda akan mencapai efek sebaliknya.

Di BIOS

Anda hanya dapat melakukan perubahan pada BIOS jika mengalami crash karena crash pada OS (baca artikel Mem-boot komputer Windows 10 Anda dalam mode aman untuk mengetahui caranya untuk memulai PC jika tidak stabil). Dalam kasus lain, semua inti prosesor di BIOS diaktifkan secara otomatis.

Untuk mengaktifkan semua inti, buka Kalibrasi Jam Lanjutan di pengaturan BIOS. Setel ke "Semua Inti" atau "Otomatis".

Penting! Bagian Kalibrasi Jam Tingkat Lanjut mungkin memiliki nama yang berbeda di versi BIOS yang berbeda.

Output

Selama operasi, semua inti prosesor digunakan, tetapi mereka beroperasi pada frekuensi yang berbeda (tergantung pada pengaturan yang dibuat). Anda dapat mengaktifkan semua inti CPU saat boot OS di pengaturan BIOS atau di opsi Konfigurasi Sistem. Ini akan mengurangi waktu boot PC.

windowsten.ru

Mengaktifkan inti

Jika Anda yakin bahwa tidak semua inti prosesor digunakan, saatnya untuk mengaktifkannya. Anda dapat melakukan ini dengan banyak cara, salah satunya bahkan tidak mengharuskan Anda untuk login.

Menggunakan pengaturan sistem

Lakukan langkah-langkah berikut:

    Perluas Jalankan jendela dengan menekan kombinasi Win + R, lalu ketik perintah msconfig di dalamnya.

Jalankan perintah msconfig untuk membuka Konfigurasi Sistem

Klik tombol "Pengaturan Lanjutan"

Tentukan jumlah core dan memori yang Anda butuhkan

Jika sistem mulai bekerja salah, kembali ke parameter dan atur nilai memori di bawah maksimum.

Harap dicatat bahwa jumlah minimum memori untuk satu inti adalah 1024 MB. Jika nilai di bawah ini digunakan, maka komputer hanya akan mulai berjalan lebih lambat, tidak peduli berapa banyak inti yang terlibat.

Video: Cara mengaktifkan kernel menggunakan pengaturan sistem

Menggunakan pengaturan BIOS

Jika Anda tidak memiliki akses ke sistem, Anda dapat mengaktifkan kernel di BIOS:

    Masuk ke BIOS. Untuk melakukan ini, tahan tombol Delete atau F12 sambil menyalakan komputer. Harap dicatat bahwa metode login tergantung pada model prosesor, sehingga tombol yang digunakan untuk login mungkin berbeda dalam kasus Anda.

Tekan tombol Delete untuk masuk ke BIOS

Atur opsi All Cores di BIOS

Video: cara mengaktifkan core yang tidak digunakan menggunakan BIOS

Jumlah default core yang berfungsi

Selama operasi, setiap inti individu dari beban komputer mungkin berbeda, yang terkait dengan perubahan profil beban PC. Pengaturan BIOS pada beberapa sistem memungkinkan Anda untuk mengatur frekuensi operasi terpisah untuk inti. Dengan distribusi beban yang seragam pada PC, pengguna akan menerima kinerja tinggi.

Jika kita berbicara tentang prosesor dual-core, maka hanya dalam satu kasus hanya satu inti yang akan digunakan - ketika komputer dihidupkan. Untuk tujuan ini, BIOS menggunakan sumber daya hanya dari satu inti. Di sisi lain, selalu ada kemungkinan untuk mengaktifkan semua sumber daya untuk mempercepat bahkan proses ini. Di sisi ketiga, cara terbaik untuk mempercepat boot OS dan menghidupkan PC adalah menginstal Windows pada SSD.

Apa yang harus dilakukan jika komputer tidak melihat semua inti

Jika Anda yakin bahwa komputer menunjukkan jumlah inti yang salah, maka pertama-tama buka pengaturan msconfig dan hapus centang semua kotak centang yang tersedia di opsi boot lanjutan. Restart komputer Anda dan periksa apakah itu menghilangkan masalah untuk Anda.

Hapus centang opsi boot lanjutan

Setelah itu periksa apakah Kalibrasi Jam Lanjut diatur ke Semua Inti atau Otomatis di BIOS. Item Kontrol Inti CPU harus diatur ke Mode Otomatis.

Atur ke Mode Otomatis

Sistem mungkin tidak menginstal driver untuk prosesor dengan benar. Anda harus menginstal ulang secara manual:

    Buka Pengelola Perangkat dan temukan prosesor dalam daftar. Pilih dan jalankan pembaruan driver.

Pilih prosesor dan klik tombol Perbarui Driver

Driver dapat diperbarui secara otomatis melalui Intel® Driver & Asisten Dukungan

Pilih metode "Cari driver di komputer ini"

Ada beberapa kasus di mana kesalahan ini terjadi setelah upgrade ke versi baru dari sistem operasi. Dalam situasi seperti itu, perlu untuk menginstal / menginstal ulang sistem dari awal untuk menghilangkan kesalahan.

.