Cara menguji headphone dengan mikrofon di komputer

4,9 / 5 ( 43 suara)

artikel hanya untuk Anda. Pada artikel ini, kami akan menganalisis secara rinci cara memeriksa mikrofon headphone:

  1. pada PC dengan Windows 7, 8 dan 10;
  2. di ponsel Android dan iOS;
  3. melalui aplikasi khusus;
  4. menggunakan layanan online.

Pertimbangkan juga mengapa suara tidak direkam dan apa yang harus dilakukan?

Memeriksa headset melalui Windows

Tergantung pada versi sistem operasi Windows, diagnostik headset akan dilakukan secara berbeda.

Windows XP

Untuk Windows XP, Anda harus melakukan tindakan algoritme berikut.

  1. Buka "Mulai".
  2. "Panel Kontrol".
  3. "Perangkat Suara dan Audio".
  4. "Pidato".

  5. Jalankan tes di bagian Rekaman Ucapan.
  6. Klik "Next" setelah "Audio Device Test Wizard" muncul.

  7. Ucapkan beberapa kata saat jendela uji mikrofon terbuka. Jika perangkat berfungsi, indikator pemutaran di bawah kata "Rekaman" akan berfluktuasi ke atas dan ke bawah.
  8. Klik Berikutnya.
  9. Ucapkan beberapa teks saat jendela tes speaker muncul. Jika semuanya berfungsi dengan benar, pengguna akan melihat bagaimana indikator di tab "Rekam" dan "Pemutaran".
  10. Klik "Next" lalu "Finish" untuk menyelesaikan tes.

Windows 7

Pada Windows 7, pemeriksaan kesehatan headset terlihat berbeda.

  1. Buka Mulai.
  2. "Panel Kontrol".
  3. "Peralatan dan Suara".

  4. "Kelola perangkat audio".
  5. "Rekam".
  6. Di sebelah gambar mikrofon ada skala - indikator pemutaran. Jika berfluktuasi ke atas dan ke bawah, ini menunjukkan bahwa perangkat berfungsi. Anda perlu mengklik mikrofon dan memilih "Properti".
  7. Buka tab "Dengar" dan centang kotak di samping "Dengarkan perangkat ini" untuk mendengar ucapan Anda sendiri, lalu klik "Terapkan" untuk mengonfirmasi tindakan.

  8. Pergi ke "Levels" dan pilih level mikrofon yang diinginkan. Saat mengucapkan kata-kata, pengguna harus mendengar suaranya sendiri.
  9. Kembali ke "Listen" dan batalkan perubahan yang dibuat. Perbaiki tindakan dengan mengklik "Terapkan".
  10. Verifikasi selesai.

Untuk mengetahui apakah mikrofon pada headphone berfungsi melalui komputer yang menjalankan Windows 8 atau 10, Anda harus mengikuti langkah-langkah yang mirip dengan Windows 7.

Tip! Untuk membuka tab "Rekaman", Anda perlu mengklik kanan di baki (pojok kanan bawah) pada ikon speaker dan memilih "Perangkat perekaman".

Cara memeriksa keaslian headphone Apple

Cara memeriksa keaslian headphone Apple

Headphone iPhone nirkabel populer disukai banyak orang, termasuk mereka yang menggunakan smartphone dari produsen lain (misalnya, Xiaomi). Kualitas pemutaran musik di AirPods tidak kalah dengan suara raksasa seperti Sennheiser, Beats, JBL, Denon AH, Samsung IconX.

Namun, orisinalitas AirPods sering dipertanyakan. Untuk memastikan keaslian headphone, periksa nomor serinya melalui layanan online gratis. Untuk melakukan ini, Anda harus memasukkan nomor dari kode batang produk di dalam kotak.

Cara lain untuk memeriksa

Ada metode lain untuk memeriksa pengoperasian headset dengan mikrofon jika algoritma di atas menggunakan Windows tidak memberikan hasil yang diperlukan atau karena alasan tertentu tidak cocok.

Memeriksa headset dengan perekaman suara

Anda dapat memeriksa headphone dengan mikrofon melalui "Sound Recording" atau "Voice Recording" (namanya berbeda tergantung versi Windows). Untuk menjalankan program, Anda harus membuka "Mulai", lalu "Program" - "Aksesori" - "Perekam Suara". Di Windows 10: "Mulai" - "Semua Aplikasi" - "Rekaman Suara". Anda juga dapat menemukan aplikasi ini melalui "Search in Windows", yang dalam berbagai versi OS terletak di menu "Start" atau di taskbar.

Untuk memeriksa mikrofon atau headphone, nyalakan rekaman, ucapkan teks dan simpan. Selanjutnya, Anda perlu memutar file dan mendengarkannya dengan headphone atau speaker untuk mengevaluasi kualitas suara.

Menguji headset melalui Skype

Untuk menguji mikrofon dengan cara ini, Anda perlu menghubungi Layanan Tes Gema/Suara setelah program instalasi yang secara otomatis muncul di kontak Skype Anda.

Setelah koneksi dibuat, sistem akan meminta Anda untuk menunggu sinyal dan mengucapkan teks apa pun selama sepuluh detik, lalu memutarnya. Jika pengguna mendengar permintaan sistem dengan baik, tetapi pesannya sendiri terdengar tidak memuaskan atau tidak terdengar sama sekali, Anda perlu beralih ke pengaturan mikrofon.

Untuk membuat perubahan, buka "Alat", pilih "Pengaturan", lalu - "Pengaturan Suara". Menyesuaikan volume mikrofon atau speaker secara manual melibatkan pembatalan pengaturan otomatisnya dengan menghapus centang pada kotak yang sesuai.

Memeriksa headset dengan program online

Cara lain untuk mengetahui apakah mikrofon pada headset berfungsi adalah dengan memeriksanya dengan program online. Ini adalah sumber daya seperti MicTest, Perekam Suara Online, Papan Pidato, Mikrofon Online, dan lainnya. Dengan bantuan mereka, kinerja perangkat ditentukan dengan sangat sederhana: Anda hanya perlu menyediakan situs dengan akses ke mikrofon dan menjalankan pemeriksaan. Jika semuanya beres, pengguna akan melihat pemberitahuan yang sesuai.

Penting! Speech Pad adalah sumber untuk menerjemahkan suara menjadi teks. Pesan yang sudah dibaca akan muncul di layar, dan kualitas mikrofon dapat dinilai dari seberapa benar kata-kata yang diucapkan dikenali.

Cara lain untuk memeriksa

Anda dapat memeriksa apakah headset Anda berfungsi dengan menggunakan aplikasi Tes Mikrofon. Anda perlu mengunduhnya ke komputer Anda dan menjalankannya, instalasi tidak diperlukan. Setelah memulai utilitas, pengguna akan melihat skala suara. Jika mikrofon berfungsi, mikrofon akan berfluktuasi tergantung pada volume suara yang diambil. Jika perangkat tidak berfungsi, akan ada garis lurus di layar.

Anda juga dapat menggunakan Snooper Standard untuk memeriksa apakah mikrofon pada headset Anda berfungsi. Aplikasi ini menyediakan fitur seperti dikte atau merekam suara saat pengguna pergi. Selain fungsi utama, utilitas memungkinkan Anda untuk memeriksa dan mengonfigurasi mikrofon untuk pekerjaan selanjutnya. Untuk menggunakan program ini, Anda harus menginstalnya di komputer Anda.

Cara memeriksa headphone online

Cara lain untuk memeriksa adalah tes melalui layanan online. Di sini pilihannya sangat luas sehingga Anda dapat menghabiskan sepanjang hari mendengarkan rekaman multi-saluran, suara, melodi, dan trek uji lainnya.

Anda dapat memeriksa aksesori untuk berbagai karakteristik: memastikan kualitas saluran kiri atau kanan, mengetahui seberapa baik bass direproduksi, apakah ada masalah dengan tingkat frekuensi yang direproduksi, seberapa baik aksesori "berorientasi dalam ruang" dan banyak lagi.

Selain itu, melalui program khusus, Anda dapat memverifikasi keaslian headphone dengan nomor seri. Tentang ini - secara terpisah.

Pertimbangan untuk menyambungkan ke komputer atau laptop

Ada beberapa cara untuk menyambungkan headphone dengan mikrofon ke unit, tergantung pada konektor yang tersedia di komputer atau laptop.

  1. Kedua colokan merah muda (mikrofon) dan hijau (headphone) terhubung ke soket yang sesuai di bagian belakang atau depan komputer.

  2. Jika ada colokan dan input gabungan (biasanya khas untuk laptop), maka Anda perlu membeli headset untuk menghubungkan headphone dengan mikrofon ke mereka untuk perangkat seluler dengan satu colokan gabungan, atau yang biasa, tetapi dengan adaptor yang disertakan.
  3. Hubungkan melalui USB. Steker semacam itu dapat dicolokkan ke konektor USB apa pun yang berfungsi.

Saat menghubungkan headset ke perangkat, pastikan semua colokan terhubung dengan benar: sesuai dengan warna dan simbol di dekat input.

Saran! Saat mengatur mikrofon, tidak disarankan untuk mengatur volumenya ke maksimum, jika tidak, lawan bicara hanya akan mendengar mengi.

Headphone harus diatur ke volume optimal, tetapi ini harus dilakukan sesuai dengan musik, bukan suara lawan bicara. Jika selama pengoperasian headset ternyata orang lain memiliki sensitivitas mikrofon yang salah, dan suaranya terdengar rendah atau keras, Anda dapat memberi tahu dia tentang hal itu. Dalam hal ini, Anda tidak perlu merobohkan pengaturan Anda sendiri dan tidak perlu takut dengan suara keras dengan menyalakan musik atau film setelah percakapan.

Bass

Red Hot Chili Peppers - Dark Necessities

Bass dalam musik rock terletak pada kisaran 50-200 Hz. Lagu rock dengan komponen bass yang kaya akan memberikan gambaran yang baik tentang bagaimana sistem stereo memainkan rentang ini. Menemukan trek yang tepat itu mudah - Anda perlu mengambil grup yang hatinya akan menjadi bassis. Red Hot Chili Peppers adalah contoh sempurna: funk rock dengan bass yang memompa dan sangat dinamis akan menjadi ujian yang sulit bagi speaker murah: detail dan nada tambahan dalam tamparan akan hilang, nada akan menjadi buram dan boomy. Pada akustik yang baik, trek tidak akan berdengung, nada bass akan terbaca, seolah-olah sedang ditembak.

Apa yang harus didengarkan: Tamparan dalam bait harus jelas dan terkumpul, nada dalam chorus harus dibaca dengan baik, kick drum tidak boleh tumpang tindih dengan bass.

Noisia - Mantra

Sebuah trio dari Belanda membuat elektronik tari di persimpangan drum dan bass dan dubstep. Dalam musik modern, dirancang untuk aula besar yang diisi dengan subwoofer dan speaker, sulit untuk memahami di mana rekayasa suara berakhir dan matematika dimulai. Konten bass dari trek ini sangat kencang dan berkisar dari sub-bass hingga mid yang lebih rendah. Pada speaker besar dengan subwoofer, Anda benar-benar dapat merasakan bentuk bass saat gelombang merambat ke seluruh tubuh Anda (itulah sebabnya jenis musik ini ideal untuk lantai dansa). Speaker dengan bass yang menggelembung akan bergemuruh dan tersedak, dan speaker dengan penyumbatan di area ini tidak akan mendapatkan kembali banyak keindahan frekuensi rendah.

Apa yang harus didengarkan: bass dan sub-bass harus dibaca dengan baik dan tidak saling mengganggu, spektrum frekuensi rendah harus monolitik, akustik tidak boleh berdengung saat jatuh.

Bassotronics - Bass I Love You

Sebuah lagu dari sebuah proyek yang cinta untuk frekuensi rendah mudah ditebak, tanpa subwoofer yang baik hanya akan menyebabkan kebingungan. Jika, saat mendengarkan akustik rumah, Anda tidak dapat mendengar fitur utama trek ini - sub-bass rendah, maka itu tidak mereproduksi frekuensi di bawah 50 Hz. Sebagai perbandingan, Anda dapat melihat di YouTube apa yang dilakukan trek ini dengan subwoofer.

Apa yang harus didengarkan:Sub-bass harus ada, jelas, dan terkumpul.

Masalah dan solusi perangkat keras headset

Terkadang headset tidak berfungsi setelah tersambung ke perangkat. Ini terjadi karena kesalahan perangkat keras dan perangkat lunak. Pada saat yang sama, perangkat keras melibatkan perbaikan headphone atau mikrofon secara langsung, yang merupakan proses perhiasan dan padat karya, dan juga tidak selalu dibenarkan secara ekonomi.

Jika Anda menduga headphone rusak, pertama-tama, Anda harus memeriksa kinerjanya, misalnya, di telepon. Jika tidak ada suara, Anda harus mengambil headset lain dan menghubungkannya ke telepon yang sama untuk memastikan pengaturannya benar.

Jika Anda menemukan bahwa headset tidak berfungsi dan setelah menghubungkannya ke telepon, Anda harus memeriksanya dengan cermat. Ada kemungkinan bahwa kabel di dekat steker rusak, ini sering terjadi sebagai akibat dari kekusutan yang konstan. Jika inspeksi visual tidak menunjukkan kerusakan apa pun, Anda dapat menggunakan tester (atau multimeter) dan menjalankannya melalui kabel.

Dewan! Setelah menemukan kerusakan pada kabel, ada baiknya mencoba memperbaikinya. Tetapi jika tidak ada keterampilan yang relevan, dan headset itu murah, maka lebih mudah untuk membeli yang baru.

Jika tidak ada suara, steker mungkin kotor. Untuk mengatasi masalah tersebut, cukup membersihkannya dengan antiseptik.

Beberapa headphone dengan mikrofon memiliki kontrol volume. Anda perlu memeriksa slider, mungkin dalam posisi mati atau suaranya dikurangi seminimal mungkin.

Jika headset berfungsi dan komputer atau laptop belum diuji untuk kesalahan perangkat lunak, soket headphone mungkin rusak. Dalam hal ini, Anda harus menghubungi pusat layanan, di mana, dengan biaya tertentu, mereka akan mendiagnosis, mengidentifikasi masalah, dan memperbaikinya.

Respons frekuensi

10 Hz >> 200 Hz

Audio: Adobe Flash Player (versi 9 atau lebih tinggi) diperlukan untuk memutar audio ini. Unduh versi terbaru di sini. Selain itu, JavaScript harus diaktifkan di browser Anda.

Tes pertama memeriksa batas bawah jangkauan. Dengarkan sampai Anda mulai mendengar nada rendah utama. Voice-over memberi tahu Anda frekuensi yang telah Anda capai (Bahasa Inggris): angka ini menunjukkan frekuensi minimum yang mampu dilakukan oleh headphone yang sedang diuji. Headphone yang bagus dapat mereproduksi suara serendah 20 Hz, batas bawah pendengaran kita.

22 kHz >> 8 kHz

Audio: Adobe Flash Player (versi 9 atau lebih tinggi) diperlukan untuk memutar audio ini. Unduh versi terbaru di sini. Selain itu, JavaScript harus diaktifkan di browser Anda.

Tes kedua memeriksa kisaran tertinggi. Dengarkan sampai Anda mulai mendengar nada tinggi utama. Headphone yang baik mereproduksi frekuensi hingga 20 kHz, batas atas jangkauan pendengaran manusia.

Namun, perlu diingat bahwa batas ini berkurang seiring bertambahnya usia. Jika semua headphone Anda tiba-tiba memiliki batas frekuensi atas yang sama, dan frekuensi itu lebih rendah dari yang dikatakan pabrikan, itu bisa berarti pendengaran Anda adalah penyebabnya dan bukan kualitas headphone.

Jika Anda mendengar suara naik dan turun yang aneh atau apa pun yang tidak terdengar seperti suara ke bawah yang terus-menerus, kemungkinan besar kartu suara Anda mengganggu.

Kerusakan perangkat lunak headset dan cara mengatasinya

Setelah memastikan headset berfungsi, Anda perlu memeriksa apakah headset terhubung ke perangkat dengan benar: sesuai dengan warna atau simbol di dekat masukan.

Menghubungkan ke output panel depan komputer

Seringkali headset tidak berfungsi saat terhubung ke input panel depan dari unit sistem. Untuk mengatasi masalah ini, ikuti panduan berikut.

  1. Jika konektor panel depan tidak terhubung ke sistem, maka Anda perlu menjalankan program pengaturan audio, yang biasanya diinstal dengan driver. Ini memungkinkan Anda untuk memilih konektor mana yang harus digunakan.
  2. Jika tidak ada suara, Anda perlu membuka "Suara" dan membuka tab "Pemutaran". Jika headphone tidak ditampilkan, Anda perlu mengklik kanan dan memilih "Show Disabled Devices". Setelah headset muncul, Anda harus mengkliknya dan memilih "Aktifkan". Tanda centang akan muncul di logo headphone, yang menunjukkan bahwa perangkat berfungsi dengan baik.

  3. Jika masalah berlanjut, Anda harus membongkar unit sistem dan memastikan bahwa jack mikrofon dan headphone di panel depan terhubung ke motherboard..

Bisukan

Mungkin tidak ada suara dari headphone yang terhubung ke komputer jika komputer dimatikan atau disetel ke minimum. Anda perlu mengklik ikon speaker di sudut kanan bawah, pilih mixer volume dan periksa apakah suara dihidupkan di mana-mana dan diatur ke tingkat yang memadai.

​​

​​

Driver yang kedaluwarsa atau hilang

Jika driver kartu suara kedaluwarsa atau hilang, headset mungkin juga tidak berfungsi. Untuk menghilangkan kerusakan seperti itu, aplikasi khusus telah ditulis, misalnya, "Solusi DriverPack". Program memindai perangkat keras, menemukan masalah dan menawarkan untuk menginstal driver yang diperlukan.

Anda juga dapat memperbarui secara manual. Di pengelola perangkat, buka "Perangkat suara, permainan, dan video", temukan kartu suara, klik untuk membuka menu, pilih "Perbarui driver" dan di jendela yang muncul, mulai "Secara otomatis mencari driver yang diperbarui".

Dewan! Cara lain untuk menginstal driver adalah dengan mengunduhnya dari situs web resmi pengembang kartu suara. Ini akan menjadi solusi terbaik, karena dalam kasus sebelumnya, driver yang sesuai dapat diinstal dan menjadi tidak stabil.

Headset USB memerlukan driver terpisah. Sebagai aturan, itu diinstal secara otomatis ketika terhubung atau dilengkapi dengan disk khusus. Jika tidak, Anda dapat menemukannya sendiri dan mengunduhnya dari situs web resmi pabrikan.

Virus

Salah satu masalah yang jarang tetapi umum adalah bahwa komputer terinfeksi virus. Anda perlu mengunduh utilitas penyembuhan khusus (misalnya, Dr Web Curelt) dan mendiagnosis perangkat. Jika ancaman terdeteksi, Anda harus bertindak sesuai dengan rekomendasi program.

Ringkasan

Sebagai berikut dari yang di atas, untuk memeriksa kinerja headphone dengan mikrofon, Anda perlu menghubungkannya ke komputer dan menggunakan Windows atau banyak program lain: dari Skype ke aplikasi khusus untuk menguji mikrofon, diinstal pada PC atau bekerja online melalui browser. Dan jika headset tidak berfungsi, mungkin ada beberapa alasan untuk ini: dari kesalahan koneksi hingga virus dangkal. Karena itu, jangan putus asa dan beli aksesori baru - hampir semua masalah dapat diperbaiki dengan tangan Anda sendiri, serta membuat mikrofon dari headphone.

Sorotan Pink Floyd

Salah satu band rock Inggris terbaik abad terakhir, terkenal dengan musik psychedelic mereka, eksperimen akustik, dan solo gitar yang luar biasa. Daftar putar mencakup lagu-lagu dari album legendaris The Wall, "Shine On You Crazy Diamond" yang brilian, dan "Breathe" dari salah satu album terlaris di dunia, The Dark Side of the Moon.

Musik "tendangan" mempesona dan mempesona. Ini sangat ideal untuk mendengarkan saat mengemudi di malam hari di jalan raya pinggiran kota yang kosong. Nah, atau di rumah, ketika tidak ada seorang pun dan tidak ada yang mengalihkan perhatian Anda.

Hanya headphone "rumah" yang bagus yang memungkinkan Anda menghargai semua nuansa kecil suara. Misalnya, Philips Fidelio X2 akan memungkinkan Anda mendengar kedalaman dan kekayaan suara musik dan komposisi paling detail secara penuh. Ini dicapai melalui desain tipe terbuka, ketika pergerakan diafragma disediakan. Dengan "lelucon" sederhana Anda tidak akan mendapatkan ini.

.