Cara menyambungkan Chromecast ke TV dan menyiapkan: panduan lengkap

Pemutar media Chromecast Google dapat mengubah TV apa pun menjadi perangkat streaming media dalam hitungan menit. Keuntungan besar lainnya: pemain seperti itu berharga sekitar 3.000 rubel. Di jaringan rumah nirkabel, pemutaran dikontrol melalui PC, ponsel cerdas, atau tablet menggunakan aplikasi Google Home untuk Android atau iOS. Selanjutnya, kami akan memberi tahu Anda cara memasang dan mengonfigurasi Chromecast 2. Perangkat dimulai dengan mudah dan cepat. Setelah menghubungkan Chromecast ke port HDMI gratis di TV, Anda perlu memutuskan masalah daya. Jika TV Anda memiliki port USB, Anda memerlukan kabel USB yang disertakan. Jika ini tidak tersedia, gunakan steker listrik yang juga disertakan dalam kit. Nyalakan TV Anda dan alihkan ke input HDMI yang terhubung dengan Chromecast. Anda sekarang akan melihat layar selamat datang untuk pemutar media.

Sebelum Anda mengubah TV menjadi Smart TV, siapkan menggunakan aplikasi Google Home gratis. Di perangkat seluler, buka browser, masukkan URL chromecast.com/setup, klik spanduk untuk membuka toko aplikasi yang sesuai. Anda juga dapat langsung membuka Google Play atau Apple store, mencari aplikasi Google Home yang sesuai dan menginstalnya di smartphone atau tablet Anda.

Setelah menginstal aplikasi seluler, buka pengaturan Wi-Fi ponsel atau tablet Anda dan sambungkan ke jaringan nirkabel "Chromecast" diikuti dengan nomor - dalam contoh kami, Chromecast7852. Anda tidak perlu memasukkan kata sandi untuk tindakan ini.

Apa itu Chromecast

Perangkat ini terhubung ke soket HDMI TV. Chromecast menerima konten melalui WiFi dari perangkat rumah: komputer, ponsel, atau tablet. Perangkat ini dibuat sederhana dan dapat diandalkan. Penggunaannya tidak menimbulkan kesulitan bagi pengguna.

Untuk menggunakan Chromecast, Anda perlu menginstal aplikasi khusus. Awalan pertama kali muncul pada 2013. Versi berikutnya dibuat pada 2015 dan 2021. Pada versi pertama, perangkat dapat beroperasi dalam rentang frekuensi 2,4 GHz, tetapi 5,0 GHz tidak tersedia untuk itu. Pada versi kedua, yang dirilis pada tahun 2015, kekurangan ini diperbaiki. Sekarang Chromecast dapat bekerja di kedua rentang frekuensi.

Apa itu Chromecast: Fitur gadget

Chromecast adalah pemutar media digital untuk memutar audio atau video. Perangkat menerima konten dari jaringan area lokal atau luas. Perangkat Google Chromecast terhubung ke penerima sinyal melalui port HDMI biasa. Sambungan ke Internet atau LAN dibuat melalui Wi-Fi.

Menyiapkan pemutar media Chromecast secara nirkabel itu mudah. Saat terhubung ke Internet, perangkat akan secara otomatis mengunduh versi firmware baru dan menginstal add-on. Setelah menyelesaikan pengaturan, pengguna akan dapat menonton siaran online pertandingan favorit mereka di TV, smartphone, atau monitor komputer.

Fungsi utama Chromecast:

  • streaming video (YouTube, NBA, Hulu, HBO);
  • mendengarkan audio (Google Musik, Spotify);
  • Menampilkan layar komputer atau smartphone di TV.

Membeli Google Chromecast tidak memberi pengguna akses ke platform streaming. Anda harus masuk ke layanan streaming menggunakan akun Anda sendiri. Beberapa sumber menyediakan sebagian konten secara gratis, sementara yang lain segera meminta langganan berbayar. Tapi itu tidak termasuk dalam harga Chromecast.

Chromecast generasi kedua

Chromecast 2 memungkinkan Anda melihat streaming video dari berbagai layanan, serta memutar video, file audio, dan gambar pengguna. Chrome cast 2 dapat langsung menampilkan konten halaman yang dibuka di browser Google Chrome. Perangkat ini memiliki konektor mini-USB untuk catu daya.

Paket termasuk kabel dengan konektor mini-USB dan USB. Yang pertama dimasukkan ke dalam perangkat. Yang kedua ada di konektor USB TV atau di adaptor daya yang terhubung ke stopkontak.

Dukungan Chromecast

Langsung di perangkat ada tombol Reset. Itu dapat ditekan jika pengaturan dilakukan dengan kesalahan. Akibatnya, parameter akan diatur ulang ke nilai awal. Menekan harus lama - itu harus dilakukan selama beberapa detik.

Konten video disiarkan di latar belakang. Jika sedang berjalan, pengguna bisa sekaligus menggunakan gadget tersebut untuk keperluan lain. Layanan bekerja dengan cara yang sama. Sebagai contoh berikut ini akan membahas tentang cara melihat video dari Youtube.

Kontrol Chromecast Anda dengan Asisten Google

Anda dapat menggunakan Asisten Google di ponsel Anda

dan perangkat Google Home

untuk mengontrol Chromecast. Ucapkan sesuatu seperti "Putar minggu lalu malam ini di Chromecast" dan dalam satu atau dua detik Chromecast akan mulai memutar video terbaru dari saluran YouTube minggu lalu hari ini. Fungsionalitas ini berfungsi untuk YouTube secara default. Anda juga dapat menggunakannya untuk Netflix setelah menghubungkan akun Anda.

Jika Anda memiliki perangkat Google Home dan TV HDMI-CEC, Anda dapat melakukan beberapa hal yang sangat keren. Anda cukup memasukkan, katakan, "Ok Google, putar video terbaru dari MKBHD di TV di ruang tamu" dan Chromecast akan menyalakan TV dan mulai memutar video. Anda juga dapat meminta perangkat Google Home untuk menjeda dan melanjutkan pemutaran.

Pengoperasian Youtube

Pemilihan video dilakukan dari smartphone. Untuk melakukan ini, buka situs dan pilih video yang menarik bagi pengguna. Itu perlu diluncurkan.

Di bagian atas, ada ikon yang menggambarkan persegi panjang dan busur konsentris. Setelah mengkliknya, sebuah pertanyaan akan diajukan tentang di mana pengguna ingin melihat siaran.

Anda harus memilih Chromecast, setelah itu video akan disiarkan di TV. Dalam proses penyiaran dari smartphone, Anda dapat mengontrol tampilan video: Anda dapat, misalnya, menghentikan, mematikan, atau memundurkan.

Bonus: Mengontrol Chromecast apa pun dari perangkat apa pun

Chromecast adalah cara murah untuk mengubah TV apa pun menjadi TV pintar. Sebelum Anda menyadarinya, Anda akan memiliki beberapa dari mereka di seluruh kamar Anda. Katakanlah Anda sedang memutar film dari laptop di TV, tetapi Anda tidak ingin melompat ke komputer setiap kali Anda ingin mengontrolnya.

Cukup buka kunci ponsel Android Anda, geser ke bawah dan Anda akan melihat kontrol pemutaran untuk semua Chromecast aktif di sana (jika itu tidak berhasil, cukup buka aplikasi Google Home). Anda dapat menjeda pemutaran atau hanya membisukan suara.

Bagaimana Anda menggunakan Google Chromecast? Apa aplikasi dan trik yang harus Anda ketahui? Bagikan dengan kami di komentar!

Cara mentransmisikan konten browser Chrome

Dimungkinkan untuk menampilkan konten tab Google Chrome. Untuk melakukan ini, Anda perlu menginstal ekstensi Chromecast di browser Anda.

Setelah itu, sebuah tombol akan muncul, menggambarkan persegi panjang dengan busur terkonsentrasi di sudutnya.

Untuk melihat halaman di layar TV, Anda perlu mengkliknya. Sebuah formulir akan muncul di mana Anda mengklik tombol "Mulai casting".

Setelah itu, tab dapat dilihat di layar lebar. Dalam hal ini, tidak hanya gambar yang akan ditransmisikan, tetapi juga suara.

Pengguna telah melaporkan bahwa ada penundaan 1-1,5 detik saat mentransfer konten halaman. Namun, animasinya halus.

Tambahkan foto Anda ke Chromecast Screensaver

Mode screensaver Chromecast memungkinkan Anda melihat foto menakjubkan dari seluruh dunia. Tapi tahukah Anda bahwa Anda dapat menambahkan foto Anda sendiri sebagai screensaver? Bahkan, Anda bahkan dapat menambahkan berita dan seni sebagai sumber.

Untuk menambahkan foto ke Chromecast, Anda harus membuat album di Google Foto terlebih dahulu. Kemudian buka aplikasi Google Home dan pilih peralatan dari sidebar. Klik Ubah Latar Belakang di bawah kartu Chromecast Anda.

Klik Google Foto, pilih album yang ingin Anda tambahkan, lalu nyalakan Google Foto. Sekarang Anda akan melihat bahwa foto Anda akan diputar ulang secara berkala di Chromecast.

Chromecast dan Chromecast Ultra

Model ketiga, dirilis pada tahun 2021, dilengkapi dengan prosesor baru. Itu disebut Chromecast Ultra. Dua model pertama hanya dapat bekerja menggunakan koneksi nirkabel. Versi terbaru juga memiliki konektor mini-USB untuk menghubungkan catu daya. Ini memiliki port untuk koneksi internet kabel.

Koneksi Chromecast Ultra

Mari kita mulai dari awal, yaitu cara menghubungkan Chromecast ke TV. Jadi, kami memiliki di dalam kotak: catu daya; Kabel USB; modul itu sendiri dan adaptor. Oleh karena itu, catu daya adaptor itu sendiri dapat digunakan dalam dua cara.

Pertama, Anda harus menghubungkan adaptor itu sendiri ke port HDMI gratis. Sekarang sambungkan kabel panjang ke Chromecast, dan ujung USB lainnya ke catu daya, lalu ke stopkontak.

Jika tidak ada soket kosong, Anda dapat menyambungkan ke port USB gratis di TV. Perhatikan baik-baik untuk memastikan semuanya terhubung dengan baik dan kabel terpasang erat di port.

Apa perbedaan antara Miracast dan Chromecast?

Miracast adalah teknologi transfer konten yang digunakan oleh Chromecast. Namun, ia memiliki fitur tambahan yang tidak digunakan di sini - misalnya, transfer data dua arah.

Miracast dibangun ke dalam versi baru Windows. Teknologi ini memungkinkan Anda untuk mentransfer gambar layar ke gadget lain. Pada saat yang sama, Chromecast hanya mengalirkan konten ke TV. Miracast tidak memerlukan akses Internet. Ia mampu secara mandiri membuat koneksi nirkabel dengan gadget yang diinginkan. Namun, itu hanya mampu menampilkan layar dan bukan pemutar TV. Chromecast terspesialisasi, tetapi menunjukkan fungsionalitas dan kualitas yang lebih tinggi.

Streaming media lokal dari ponsel cerdas Anda ke Chromecast Anda

Streaming konten lokal (foto dan video yang disimpan di ponsel cerdas Anda) bertentangan dengan desain Chromecast (streaming sederhana). Tapi bukan berarti tidak mungkin. Ada banyak aplikasi di Play Store yang memungkinkan Anda mentransmisikan media lokal ke Chromecast Anda (dan memberi Anda kontrol tingkat tinggi atas prosesnya).

AllCast, MegaCast, dan LocalCast adalah tiga aplikasi hebat dengan fitur serupa tetapi implementasinya berbeda. MegaCast sangat bagus untuk transcoding waktu nyata. AllCast memiliki antarmuka yang sangat sederhana, tetapi terbatas pada video 5 menit untuk versi gratis (ada juga aplikasi iOS). Anda bahkan dapat menyiarkan konten yang disimpan di akun Dropbox atau Google Drive Anda.

Proses untuk menggunakan aplikasi ini serupa. Sambungkan ke Chromecast Anda, lalu jelajahi aplikasi dan temukan media yang ingin Anda putar. Dalam hal ini, media disimpan di perangkat Anda, jadi Anda akan menavigasi folder dari penyimpanan internal atau kartu SD Anda. Klik pada file untuk mentransmisikannya.

Saat ini, aplikasi favorit kami untuk streaming konten lokal (dan online) dari Android (dan iOS) ke Chromecast adalah LocalCast. Berikut adalah beberapa alasannya:

  • Fitur Route Audio To Phone memutar audio melalui headphone saat video diputar di TV. Ini cara yang bagus untuk menonton TV di malam hari tanpa mengganggu siapa pun (dan tanpa memasang headphone Bluetooth).
  • Mendukung semua jenis server. Dari Kodi, Plex dan DLNA, bahkan hingga Google Drive dan Dropbox.
  • Anda dapat dengan mudah menambahkan subtitle ke video (dan mengubah ukuran dan gaya font).

Unduh : LocalCast (gratis)

Unduh: AllCast (gratis)

Unduh: MegaCast [Tidak Lagi Tersedia]

Pengaturan

Jika Anda memiliki ponsel cerdas Android, pengaturannya adalah sebagai berikut:

  1. Anda perlu menghubungkan dekoder ke TV, lalu nyalakan.
  2. Pada ponsel cerdas, buka https://google.com/chromecast/setup.
  3. Anda perlu mengunduh dan menginstal aplikasi yang ditentukan.
  4. Setelah diluncurkan, jaringan WiFi akan dipindai. Jaringan nirkabel Chromecast akan terdeteksi.
  5. Halaman dengan tombol untuk pengaturan akan terbuka. Tekan tombol Atur.
  6. Tunggu hingga koneksi dibuat.
  7. Kode empat karakter akan ditampilkan di layar TV. Itu harus ditampilkan di layar ponsel cerdas. Pengguna harus mengkonfirmasi jika dia melihatnya. Untuk melakukan ini, klik tombol yang sesuai.
  8. Anda akan diberikan opsi untuk memasukkan nama Anda untuk Chromecast.
  9. Sekarang Anda perlu menghubungkan perangkat ke jaringan nirkabel aktif dengan memasukkan nama dan kunci keamanannya.

Ini melengkapi pengaturan parameter awal. Pesan tentang ini akan muncul di layar smartphone.

Pesan siap pakai juga akan muncul di layar TV.

Menyiapkan Chromecast

Mengadakan pesta tamu Chromecast

Hanya diperlukan Chromecast, YouTube, dan beberapa teman untuk mulai pestanya. Anda dapat menautkan beberapa ponsel ke Chromecast menggunakan aplikasi YouTube resmi, lalu siapa pun dapat mengelola antrean.

Mulai putar YouTube, lalu minta teman Anda untuk membuka aplikasi YouTube dan memilih lagu. Alih-alih bermain, minta mereka untuk menggunakan fitur Tambahkan ke Antrean. Setelah terhubung ke Chromecast, mereka akan menerima konfirmasi bahwa video mereka telah ditambahkan ke antrean. Dan begitu saja, Anda memiliki beberapa orang yang ditambahkan ke antrean Anda. Tidak perlu membagikan kata sandi atau utilitas pihak ketiga.

Untuk yang lainnya, gunakan mode tamu bawaan Chromecast

. Dengan menggunakan fitur ini, siapa pun di ruangan yang sama dapat langsung terhubung ke Chromecast. Anda tidak perlu membagikan kata sandi Wi-Fi Anda atau mengulangi proses penyandingan. Saat mode tamu diaktifkan, Chromecast memancarkan suar Wi-Fi yang terdeteksi oleh perangkat teman Anda. Mereka kemudian hanya perlu memasukkan kode pin 4 digit yang ditampilkan di layar.

Untuk mengaktifkan mode tamu, buka aplikasi Google Home dan pilih peralatan di sidebar. Kemudian tekan tombol menu tiga titik dan pilih Mode Tamu.

Operasi iOS

Pengaturan juga dapat dilakukan dari perangkat iOS. Untuk melakukan ini, Anda perlu mengunduh dan memasang aplikasi Chromecast dari AppStore. Penyiapan dilakukan dengan cara yang persis sama seperti untuk perangkat yang menjalankan Android. Youtube dan layanan serupa lainnya di iOS juga dapat berfungsi dengan Chromecast.

​​​​

Fitur Apple TV

Chromecast dan Apple TV adalah perangkat serupa dalam banyak hal. Namun, mereka beroperasi sesuai dengan prinsip yang berbeda.

Apple TV adalah perangkat yang memiliki remote control sendiri. Ini memberi Anda untuk bekerja dengan keyboard di layar, meluncurkan aplikasi Anda. Itu dapat berintegrasi dengan perangkat lain sesuai dengan protokol AirPlay.

Pengguna tidak hanya dapat menyiarkan aliran video dari berbagai layanan, tetapi juga mentransfer file media untuk ditampilkan atau menyiarkan gambar langsung dari layar gadget.

Chromecast terutama berfokus pada bekerja dengan aliran video. Ini mentransmisikan data ke perangkat untuk menyiarkan aliran video yang dipilih dan dapat mengontrol pemutarannya. Pada saat yang sama, siaran itu sendiri diselenggarakan oleh Chromecast.

Apple TV mendukung lebih banyak layanan streaming daripada Cromecast. Secara khusus, kita berbicara tentang Amazon Prime, HBO Go, Hulu Plus dan beberapa lainnya. Namun, yang terakhir, meskipun lebih terspesialisasi, menunjukkan kualitas kerja yang lebih baik.

Streaming media dari PC ke Chromecast

Cara termudah untuk mengalirkan semua jenis video lokal ke Chromecast adalah dengan menggunakan aplikasi Videostream untuk Mac dan Windows. Aplikasi ini memberi Anda opsi pemutaran sekali klik untuk hampir semua jenis video. Aplikasi ini melakukan semua kerja keras transcoding video. Anda bahkan dapat menambahkan subtitle eksternal.

Setelah aplikasi diinstal, luncurkan Videostream, buka video dan pilih Chromecast sebagai output. Sekarang Anda dapat mengesampingkan PC Anda dan mengontrol pemutaran dari ponsel Anda menggunakan aplikasi seluler Videostream.

Plex adalah alternatif hebat lainnya

. Di PC atau Mac Anda, instal Plex Media Server dan tambahkan semua film dan acara TV Anda. Buka aplikasi Plex di ponsel Anda (pastikan komputer Anda menyala dan terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama) dan sambungkan ke Chromecast menggunakan ikon Cast.

Semua yang Anda mainkan dari server Plex Anda sekarang akan diputar langsung di Chromecast Anda (ditranskode di PC Anda). Anda dapat menggunakan ponsel cerdas Anda sebagai pengontrol media.

Bahkan, versi VLC yang akan datang akan memiliki dukungan Chromecast asli, yang membuat proses ini semakin mudah. Anda dapat mencoba fitur ini sekarang dengan menginstal versi terbaru dari Nightly.

,

Unduh: Streaming Video (Gratis)

Unduh: Plex (Gratis)

Model pertama

Generasi pertama gadget ini muncul di pasar dunia pada 24 Juli 2013 dan berharga $35 di AS. Perangkat, yang langsung menarik perhatian pengguna, memiliki parameter berikut:

  • prosesor Marvell Armada 1500 Mini Plus;
  • 512 MB RAM dan 2 GB memori internal (hampir sepenuhnya ditempati oleh firmware);
  • Wi-Fi 802.11 ac (2,4 dan 5 GHz).
  • Untuk menggunakan gadget, Anda harus memiliki komputer yang menjalankan Windows 7, Mac OS X 10.9, Chromebook OS 53, iOS 8, Android 4.1 atau versi yang lebih baru dari platform yang sama.

    Dan untuk menonton video FullHD dari jaringan, diperlukan kecepatan 10 Mbps.

    Gadget tidak memiliki kemampuan 4K - setidaknya pabrikan tidak menyarankan untuk menjalankannya pada resolusi ini.

    Meskipun, dilihat dari umpan balik dari pengguna, PC dengan kartu grafis yang bagus dapat menjalankan film dengan sangat jelas.

    Namun untuk resolusi 4K, disarankan untuk memilih saluran 5GHz, yang memiliki bandwidth lebih banyak.

    Proses penyambungan

    Kelebihan dan kekurangan Chromecast 2013

    Kelebihan dari generasi pertama antara lain:

    • pengaturan yang mudah, bahkan untuk pengguna PC dan smartphone yang tidak berpengalaman;
    • respons cepat terhadap penekanan tombol pada remote control TV, yang menghentikan dan mulai memutar file media;
    • dimensi perangkat minimum;
    • memutar file bahkan saat PC dalam mode tidur atau layar ponsel terkunci;
    • transfer data dari satu komputer ke beberapa perangkat serupa sekaligus.

    Di antara kekurangan perangkat ini adalah ketidakmampuan untuk memutar video dari sebagian besar browser dan bahkan dari beberapa situs di Google Chrome.

    Faktanya, pemutaran sempurna hanya disediakan dari YouTube. Sumber daya lain harus terlebih dahulu diperiksa kompatibilitasnya dengan gadget.

    Transmisikan tab Opera ke TV Anda

    • Klik ikon Opera di pojok kiri atas dan pilih "Pengaturan".
    • Gulir ke bawah ke bagian "Antarmuka Pengguna" dan centang "Aktifkan Dukungan Chromecast".
    • Untuk meluncurkan halaman, cukup klik kanan pada tab yang sedang terbuka dan pilih Luncurkan dari menu.
    • Pilih perangkat target dan Anda siap berangkat.