Headphone Bluetooth tidak memutar suara dari laptop. Tidak muncul di perangkat pemutaran Windows

Ketika saya menghubungkan headphone saya ke komputer Windows 10, headphone itu tidak muncul di perangkat pemutaran karena beberapa alasan. Semua konten audio diputar melalui speaker, dan komputer bahkan tidak mendaftarkan headphone.

Masalahnya cukup umum di semua versi Windows, dan sebagian besar mudah diperbaiki. Pertama, pastikan mereka berfungsi dengan baik dengan menghubungkan ke perangkat lain.

Alasan mengapa headphone tidak muncul di perangkat pemutaran

Windows 10 tidak melihat headphone karena beberapa alasan, atau rusak atau hanya dinonaktifkan.

Headphone dinonaktifkan secara default. Anda harus pergi ke pengaturan dan memeriksa apakah mereka ditampilkan di perangkat yang dinonaktifkan.

Masalah Realtek HD Audio. Manajer suara ini mungkin pelakunya. Anda dapat memperbaiki masalah dengan menghapusnya.

Driver usang. Mereka adalah penyebab banyak masalah. Jika headphone tidak ditampilkan, maka Anda harus memperbaruinya.

Apa yang harus dilakukan jika headphone di laptop tidak berfungsi

Jika headphone di laptop tidak berfungsi, ini bisa menandakan kerusakan teknis dan mode yang salah dipilih berfungsi. Paling sering, kerusakan terjadi karena input yang tersumbat di komputer, serta karena kegagalan sistem. Namun, penyebab kerusakan headphone mungkin karena pengaturan Windows 7, 8,10 yang dipilih tidak sesuai. Mengapa laptop tidak melihat headphone, apakah mungkin untuk mengatasi masalah Anda sendiri, ketika disarankan untuk menghubungi master - jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini disajikan di bawah ini.

Aktivasi secara default

Ada kemungkinan bahwa Windows secara otomatis menonaktifkan output audio untuk headphone, karena sering dianggap tidak perlu dan tidak menginstal default.

Klik kanan pada ikon volume yang terletak di area notifikasi dan buka "Perangkat pemutaran". Anda juga dapat memasukkan pengaturan ini melalui "Panel Kontrol" dengan mengatur tampilan ke ikon besar dan mengklik bagian "Suara".

Klik kanan di tengah jendela dan centang kotak di sebelah dua opsi: tampilkan perangkat yang terputus / tidak terhubung. Setelah itu, headphone harus ditampilkan di jendela.

Klik dua kali pada headphone yang muncul dan klik tombol "Default". Pengaturan ini akan mengalihkan suara ke mereka segera setelah mereka terhubung.

Menghubungkan headphone

Mari kita mulai dengan yang sederhana - koneksi. Headphone PC modern biasanya dilengkapi dengan mikrofon, sehingga memiliki dua konektor, sebagian besar berwarna hijau dan merah muda. Jadi, kami menghubungkan headset: pertama, jack headphone, yang dicat hijau atau memiliki ikon headphone. Setelah itu, soket mikrofon berwarna merah muda atau memiliki ikon yang sesuai di sebelahnya. Ada juga opsi ketiga, ketika konektor digabungkan, dalam hal ini masih lebih sederhana dan tidak memerlukan langkah tambahan. Pastikan untuk memeriksa mikrofon setelah menghubungkan.

Menghapus Instalasi Realtek HD Audio Manager

Jika headphone tidak ditampilkan di perangkat audio, coba hapus instalan Realtek HD Audio Manager. Terlepas dari kenyataan bahwa program ini sangat mudah digunakan, terkadang menimbulkan masalah. Jika, setelah mencopot pemasangan, suara mulai diputar, coba pasang petugas operator lagi dan periksa kinerjanya.

Ketik "Panel Kontrol" di kotak pencarian Windows dan arahkan ke hasilnya.

Alihkan mode tampilan ke "Kategori" dan pilih "Program".

Cari Realtek HD Audio Driver dan klik kanan padanya dan pilih Uninstall. Ikuti petunjuk untuk menghapusnya.

Setelah proses selesai, nyalakan ulang komputer Anda dan periksa apakah headphone ditampilkan di perangkat pemutaran. Jika berhasil, coba instal ulang program lagi.

Headphone tidak berfungsi di telepon atau di pemutar

Bayangkan Anda telah memasukkan headphone ke soket telepon atau pemutar? tetapi hal berikut terjadi:

  • Suara asing yang aneh, gemerisik, derak terjadi saat memutar file.
  • Agar suaranya normal, Anda harus selalu meletakkan tangan Anda di dekat jack.
  • Hanya satu earphone yang dapat berfungsi, dan earphone kedua berfungsi sebentar-sebentar.

Jika Anda mengalami salah satu masalah yang dijelaskan, maka 99% pasti masalahnya terletak pada headphone itu sendiri. Untuk memastikannya, sambungkan ke sumber suara lain (telepon, TV, komputer, dll.). Jika tidak ada suara dalam hal ini, maka ya, itu adalah headphone. Apa yang harus dilakukan? Jika headphone relatif baru dan bergaransi, pergilah ke toko dan mintalah penggantinya - Anda berhak melakukannya. Jika tidak ada jaminan, maka pilihannya kecil - kami menyolder headphone yang ada dari spesialis (dan masalahnya mungkin ada di steker atau kabel), atau kami membeli yang baru. Itu semua tergantung pada biaya perbaikan, baik, lampiran ke perangkat itu sendiri. Omong-omong, Anda dapat menyolder kabel dengan steker sendiri, untungnya, ada banyak skema untuk ini di Internet.

Jika setelah menghubungkan headphone ke perangkat lain, suara di dalamnya dipulihkan, maka masalahnya ada di telepon (atau pemutar), yaitu:

  • Soket headphone mungkin memiliki telah rusak. Ini terjadi, mungkin karena kerusakan mekanis.
  • Kontak mungkin teroksidasi di dalam casing perangkat, atau mungkin terjadi korsleting.
  • Mungkin ada masalah dengan board perangkat. Anda tidak dapat melakukannya tanpa membuka dan menganalisis telepon.
  • Akhirnya, masalahnya mungkin terkait dengan perangkat lunak gadget, yaitu firmware-nya.

Apa yang harus dilakukan? Untuk memulainya, kami mencoba me-restart perangkat Anda dan jika ini tidak membantu, maka kami mem-flash-nya. Juga isi daya perangkat - anehnya, tetapi itu bisa berfungsi. Jika tidak ada yang membantu, hubungi pusat layanan untuk menguji perangkat untuk masalah.

Mengubah pengaturan mikrofon

Setelah memasang mikrofon atau webcam (dengan mikrofon internal), mungkin sulit untuk memilih peralatan ini secara default. Dengan mengubah beberapa pengaturan mikrofon, Anda dapat memulihkan suara di headphone.

Klik kanan pada ikon volume di area notifikasi dan buka "Perangkat Playback" atau buka jendela ini melalui Panel Kontrol (mode tampilan: ikon besar / kecil) - Suara.

Kemudian klik kanan di tengah jendela dan aktifkan tampilan perangkat yang terputus dan tidak terhubung dengan mencentang kotak.

Klik kanan pada entri "Stereo Mixer" yang baru muncul untuk menampilkan menu konteks dan pilih "Enable".

Klik Properties dan pergi ke tab Listen.

Centang kotak di sebelah "Dengarkan perangkat ini". Kemudian, di menu tarik-turun "Mainkan...", pilih opsi kedua "Speaker (Realtek High Definition Audio)" dan klik OK untuk menyimpan perubahan. Periksa apakah ada suara.

Memeriksa dan memperbarui driver

Jika tidak ada masalah suara yang ditemukan, dan sistem masih diam, Anda perlu memeriksa para pengemudi. Kemungkinan besar, jika Anda memiliki Windows 8 atau 10, sistem secara independen menggulung versi perangkat lunak yang diperbarui, tetapi tidak cocok. Jika Anda bekerja dengan OS Win 7, kemungkinan besar ada kesalahan sistem kritis yang memengaruhi driver audio.

Bagaimanapun, kita harus masuk ke "Device Manager". Di Windows 7, untuk melakukannya, klik tombol "Mulai", lalu "Panel Kontrol > Perangkat suara, video, dan game. Di Windows 8 dan 10, "Pengelola Perangkat" paling mudah ditemukan dengan mencari, dan memilih bagiannya sama. Di dalamnya, Anda perlu memperhatikan apakah driver diinstal. Semuanya sederhana di sini: jika nama perangkat disorot dengan tanda seru kuning atau memiliki tanda tangan "Perangkat dengan dukungan Audio Definisi Tinggi", maka tidak ada driver yang ditemukan sama sekali, atau sistem tidak mengenali kartu audio dan menginstal apa yang ada di dalamnya.

Untuk menemukan driver yang sesuai, Anda harus pergi ke mesin pencari Internet dan menulis nama model laptop atau motherboard Anda dan kemudian tulis Dukungan atau Driver Kemungkinan besar, ini sudah cukup, tetapi jika Anda tidak segera menemukan apa yang Anda cari, Anda dapat mengunjungi situs web produsen laptop atau motherboard

Driver biasanya memiliki ekstensi an.exe, sehingga diinstal sebagai no program rmal, setelah itu sistem harus di-boot ulang.

Penting. Jika Anda tidak dapat menemukan driver untuk sistem operasi versi 8 atau 10, tidak apa-apa. Unduh perangkat lunak di bawah Windows 7, instal dalam mode kompatibilitas dan nikmati. Hal utama adalah mencocokkan kedalaman bit (x64 atau x86).

Selain malfungsi driver, mungkin tidak ada suara karena kartu suara dinonaktifkan di BIOS atau, misalnya, layanan Windows Audio dimatikan, yang dapat diaktifkan melalui bagian "Administrasi".

Memperbarui driver suara

Jika tidak ada metode di atas yang berfungsi, coba hapus instalan driver saat ini dan ganti dengan yang baru.

Buka bilah pencarian sistem, ketik "Device Manager" dan klik hasilnya.

Memperluas Pengontrol Suara, Game, dan Video. Klik kanan pada perangkat keras audio untuk membuka menu konteks dan pergi ke "Perbarui Driver". Pilih opsi untuk secara otomatis mencari driver yang diperbarui.

Cara kerja keluaran suara di komputer Windows

Pada awalnya, saya ingin menjelaskan cara kerja antarmuka suara di komputer, sehingga Anda mengerti apa yang akan kita bicarakan selanjutnya.

Komputer melihat perangkat apa pun yang mampu mereproduksi suara secara terpisah dari perangkat lain. Jika komputer biasa hanya memiliki satu kartu suara, baik built-in atau terpisah, maka dalam beberapa kasus mungkin ada lebih banyak perangkat ini.

Untuk memungkinkan seseorang mengontrol perangkat ini, serta mengotomatiskan pemutaran suara secara umum, komputer Windows memiliki item khusus dalam pengaturan output suara yang disebut "perangkat default".

Cara membuka panel kontrol perangkat audio di Windows

Di sudut kanan bawah layar, temukan jam, di sebelah kirinya akan ada ikon "Speaker", klik kanan padanya.

Di menu pop-up, pilih item "Suara" dan klik dengan tombol kiri mouse.

Anda telah mencapai menu untuk mengontrol perangkat audio di Windows. Untuk keperluan artikel ini, kami hanya tertarik pada tab Pemutaran.

Apa yang dimaksud dengan "perangkat default"?

Item menu ini menunjukkan kepada kita perangkat mana yang saat ini bertanggung jawab atas keluaran suara atau perekaman suara.

Misalnya, jika komputer Anda memiliki banyak perangkat audio yang terpasang, maka pengaturan ini akan menunjukkan perangkat mana yang sedang memutar suara.

Perangkat keluaran suara default secara umum

Bayangkan Anda hanya memiliki satu perangkat penghasil suara di komputer Anda - kartu suara yang terpasang di motherboard.

Hanya akan ada satu dalam daftar dan, tentu saja, itu akan menjadi perangkat default dan Anda tidak akan mengalami masalah apa pun.

Namun, jika Anda menghubungkan headphone USB atau speaker USB ke komputer ini, maka 2 perangkat akan muncul dalam daftar.

Jika Anda menghubungkan monitor dengan speaker internal ke komputer Anda, akan ada 3 perangkat dan daftar ini dapat berlanjut untuk waktu yang sangat lama.

Oleh karena itu, penting untuk memahami cara menyesuaikan dan mengkonfigurasi Windows agar Anda dapat mendengarkan suara melalui perangkat yang Anda butuhkan.

Pilih perangkat audio default

Katakanlah Anda memiliki satu kartu suara dan Anda menghubungkan monitor dengan speaker, sementara Anda sudah memiliki speaker bagus yang terhubung ke kartu suara.

Tentu saja, kualitas suara masing-masing speaker akan lebih baik daripada yang terpasang di monitor, jadi agar suara dapat dikeluarkan dari masing-masing speaker, kita perlu memilih kartu suara sebagai perangkat pemutaran default.

Setelah kami memilih kartu suara sebagai perangkat default, semua suara dari komputer akan dikeluarkan melaluinya.

Memilih perangkat pemutaran suara di aplikasi

Mari kembali ke situasi kita ketika kita memiliki 2 perangkat pemutaran suara: speaker yang terpasang di monitor dan kartu suara terpisah.

Katakanlah Anda telah menginstal aplikasi komunikasi suara. Saya akan menggunakan aplikasi Discord sebagai contoh.

Dalam pengaturan semua aplikasi tersebut ada item yang memungkinkan Anda untuk memilih perangkat audio dan perekaman yang akan digunakan saat aplikasi ini aktif, terlepas dari perangkat mana yang dipilih secara default di Windows.

Mari kita pergi ke pengaturan audio dari program Discord. Kami melihat bahwa kami dapat memilih perangkat terpisah untuk merekam suara dan outputnya. Apa yang diberikannya kepada kita?

Kita dapat memilih perangkat keluaran suara yang sama yang digunakan untuk segala sesuatu yang lain, atau kita dapat memilih yang terpisah. Dengan demikian, kami dapat memisahkan beberapa aliran audio untuk keluaran ke perangkat yang berbeda.

Misalnya, Anda memiliki speaker eksternal bagus yang Anda gunakan untuk membunyikan game, dan ada speaker terpasang di monitor yang tidak Anda gunakan sama sekali. Dengan mengonfigurasi perangkat output audio di dalam Discord, Anda dapat memastikan bahwa suara lawan bicara Anda dikeluarkan melalui speaker di monitor, dan suara game dikeluarkan melalui speaker eksternal yang baik.

Untuk melakukan ini, Anda harus memilih speaker eksternal sebagai perangkat default di Windows, game akan melihat pengaturan ini dan menggunakannya untuk dirinya sendiri. Dan di Discord, kami akan memilih perangkat output speaker di monitor. Sekarang semua suara lawan bicara akan disuarakan oleh monitor, dan game akan memiliki speaker yang bagus.

Seperti yang Anda pahami, ini hanyalah sebuah contoh, Anda dapat memilih perangkat suara apa pun sesuai keinginan Anda.

Demikian pula, Anda dapat memilih perangkat perekaman yang berbeda jika Anda memiliki beberapa mikrofon. Untuk satu aplikasi, satu mikrofon akan digunakan, dan untuk yang lain, yang kedua, atau sebaliknya.