Mengapa keyboard tidak berfungsi di BIOS. Keyboard BIOS tidak berfungsi. apa yang harus dilakukan

Setiap pemilik PC menghadapi banyak masalah. Salah satu masalah ini adalah keyboard tidak berfungsi di BIOS. Pengguna menemukan ini, sebagai suatu peraturan, ketika ia memutuskan untuk menginstal ulang sistem atau melihat tampilan menu di mana Anda perlu memilih mode dan opsi boot. Beberapa, bahkan pengguna yang cukup berpengalaman yang telah menjadi pemilik komputer selama lebih dari satu tahun, dihadapkan pada masalah yang sama (keyboard tidak berfungsi) dan tidak tahu apa yang harus dilakukan dan apa yang harus dilakukan. Seperti yang Anda ketahui, elemen PC inilah yang merupakan bagian terpenting darinya, yang bertanggung jawab atas input dan output data. Karena itu, ketika mouse tidak berfungsi, Anda tidak dapat melakukannya tanpanya. Ada banyak alasan mengapa elemen PC ini di BIOS tidak berfungsi.

Keyboard adalah elemen kontrol utama di BIOS, sehingga kemampuan untuk melakukan pengaturan tergantung pada kinerjanya

Keyboard tidak berfungsi di BIOS: alasan

Banyak pengguna memperhatikan fakta bahwa dalam sistem operasi yang berfungsi normal, meskipun situasi seperti itu diamati, mereka sangat jarang. Untuk sebagian besar, ini hanya menyangkut BIOS.

Baca juga:Cara membersihkan unit sistem PC dan laptop dengan benar dari kotoran dan debu

  • kerusakan fisik colokan dan kabel;
  • koneksi yang salah;
  • komputer lama tanpa dukungan plug-in;
  • Pengaturan BIOS salah.

Masalah yang berkaitan dengan cacat fisik atau kerusakan tidak akan dipertimbangkan untuk saat ini. Sebagai upaya terakhir, jika keyboard tidak berfungsi di BIOS, Anda dapat memeriksa pengoperasian perangkat tipe standar PS / 2 eksternal atau USB cukup hanya dengan menghubungkannya ke terminal komputer lain. Jika semuanya beres, alasannya harus dicari di unit sistem Anda (lebih tepatnya, di slot dan port yang Anda sambungkan).

Metode alternatif untuk masuk ke pengaturan BIOS

Selain metode di atas, ada metode lain yang akan membantu Anda mereset BIOS ke pengaturan pabrik tanpa menggunakan keyboard.

Manipulasi jumper

Untuk melakukan reset dengan cara ini, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Matikan komputer.
  • Buka penutup unit sistem dan cari pemicunya (Clear CMOS). Kami mengubah posisinya untuk sementara waktu (dari 10 menjadi 20 detik).
  • Setelah waktu ini, kembalikan ke posisi semula.

Dalam kasus jika pemicu tersebut tidak ditemukan, itu berarti Anda memiliki dua kontak

. Oleh karena itu, untuk melakukan manipulasi ini , Anda harus menggunakan alat penghantar (sebaiknya obeng). Diperlukan untuk menjepit kontak selama kurang lebih 20 detik. Setelah itu, hidupkan saja komputer dan pastikan keyboard berfungsi.

Terkadang komputer mogok, yang dapat menyebabkan masalah tampilan keyboard di sistem. Jika tidak dimulai di BIOS, maka ini sangat memperumit interaksi pengguna dengan komputer, karena hanya keyboard yang didukung di sebagian besar versi sistem input dan output dasar dari manipulator. Pada artikel ini, kami akan menganalisis cara mengaktifkan keyboard di BIOS jika menolak berfungsi di sana dengan kinerja fisiknya.

Jika keyboard berfungsi normal di sistem operasi, tetapi tidak berfungsi sebelum mulai memuat, mungkin ada beberapa penjelasan untuk ini:

  • Port USB dinonaktifkan di BIOS. Alasan ini hanya relevan untuk keyboard USB;
  • Terjadi kegagalan perangkat lunak;
  • Pengaturan BIOS yang salah telah ditetapkan.

Metode 1: aktifkan dukungan BIOS

Jika Anda baru saja membeli keyboard yang terhubung ke komputer Anda melalui USB, kemungkinan BIOS Anda tidak mendukung koneksi USB atau Karena alasan tertentu itu dinonaktifkan di pengaturan. Dalam kasus terakhir, semuanya dapat diperbaiki dengan cukup cepat - temukan dan sambungkan beberapa keyboard lama sehingga Anda dapat berinteraksi dengan antarmuka BIOS.

​​

Ikuti petunjuk langkah demi langkah ini:

Jika BIOS Anda tidak berisi item apa pun terkait dukungan keyboard USB, maka Anda perlu memperbaruinya atau membeli adaptor khusus untuk menghubungkan Keyboard USB ke konektor PS / 2. Namun, keyboard yang terhubung dengan cara ini tidak mungkin berfungsi dengan benar.

Metode 2: Reset BIOS

Metode ini lebih relevan bagi mereka yang sebelumnya memiliki keyboard yang berfungsi normal di BIOS dan Windows. Dalam hal mengatur ulang pengaturan BIOS ke pengaturan pabrik, Anda dapat mengembalikan keyboard agar berfungsi, tetapi pada saat yang sama, pengaturan penting yang Anda buat juga akan diatur ulang dan harus dipulihkan secara manual.

Untuk mengatur ulang, Anda perlu membongkar casing komputer dan melepas sementara baterai khusus atau menjembatani kontak.

​​

Langkah pemecahan masalah di atas hanya dapat berguna jika keyboard/port tidak mengalami kerusakan fisik. Jika ada yang ditemukan, maka salah satu elemen tersebut perlu diperbaiki/diganti.

Pengguna biasanya memperhatikan ketika menginstal ulang sistem operasi, ketika perlu untuk mengatur prioritas boot, atau ketika pengaturan tambahan dari sistem I / O utama diubah. Apa alasan fenomena ini dan bagaimana menghadapinya, sekarang akan dipertimbangkan. Hanya ingin dicatat bahwa tidak semuanya begitu buruk. Ada beberapa metode dasar yang memungkinkan Anda menyelesaikan masalah dalam beberapa menit. Mari kita pertimbangkan mereka.

Apa yang harus saya lakukan pertama kali?

Dalam hal pemecahan masalah, periksa terlebih dahulu apakah koneksi sudah benar.

Dalam kasus keyboard USB, cukup sulit untuk menghubungkan salah melalui port yang sesuai (walaupun kadang-kadang dapat dikatakan bahwa keyboard milik ke standar USB 3.0, tetapi terhubung ke port USB 2.0).

Tetapi lebih sering daripada tidak, situasi ini lebih umum untuk keyboard PS/2 yang lebih lama. Penting untuk membuat koneksi dengan mempertimbangkan fakta bahwa warna colokan keyboard dan soket yang sesuai harus cocok (berwarna ungu). Namun, dalam hal ini cukup sulit untuk membuat kesalahan.

Bagaimana cara masuk ke BIOS (keyboard tidak berfungsi)?

Ketika Anda mencoba mengonfigurasi parameter sistem utama, yang sangat sering dapat menyebabkan kegagalan, pertanyaan tentang akses ke sana muncul di sepanjang jalan, karena dalam kebanyakan kasus Anda tidak dapat melakukannya tanpa keyboard untuk memanggil BIOS atau menavigasi melalui bagian pengaturan.

Tapi ada solusinya. Misalnya, kami memiliki situasi di mana keyboard pada laptop tidak berfungsi di BIOS. Anda dapat memasuki sistem pengaturan dengan beberapa cara. Beberapa model laptop pada awalnya dilengkapi dengan tombol khusus pada panel, yang dengannya bagian pengaturan BIOS dipanggil. Secara khusus, ini berlaku untuk produk dari Lenovo, Sony VAIO (tombol ASSIST), dll.

Opsi akses kedua jika keyboard tidak berfungsi di BIOS adalah menghubungkan analog eksternal melalui USB Pelabuhan. Tetapi di sini Anda perlu ingat bahwa disarankan untuk menghubungkan keyboard eksternal tanpa daya, dan baru kemudian nyalakan perangkat untuk boot.

Penghapusan paksa dengan pelepasan baterai

Pada perangkat yang tidak memiliki tombol khusus untuk akses cepat ke BIOS, Anda harus melakukan penghapusan paksa. Itu dilakukan dengan melepas baterai.

Algoritma untuk melakukan pembersihan paksa

  • Matikan energi komputer. Untuk memastikan bahwa kapasitor benar-benar habis, Anda perlu menahan tombol daya beberapa kali.
  • Setelah itu, kami menemukan di blok (atau di dalam kasing laptop) baterai, yang terlihat seperti koin.
  • Tarik keluar dengan hati-hati.
  • Setelah lima detik, masukkan baterai ke tempatnya dengan sisi yang sama.

Setelah langkah-langkah ini, pengaturan BIOS akan diatur ulang dan keyboard akan berfungsi kembali.

Reset pengaturan

Namun, solusi sebelumnya dapat disebut universal dalam beberapa hal, dan mungkin tidak memberikan hasil yang diinginkan. Ini dapat diamati ketika keyboard USB tidak berfungsi di BIOS. Masalah ini hanya disebabkan oleh fakta bahwa beberapa jenis kegagalan terjadi pada sistem itu sendiri.

Dalam hal ini, lakukan pengaturan ulang lengkap. Apa pun, bahkan komputer jenis stasioner lama, memungkinkan Anda masuk ke motherboard tempat baterai CMOS dipasang. Anda hanya perlu menariknya keluar dari soket selama beberapa menit, memasukkannya kembali dan mencoba masuk ke pengaturan dengan menyalakan terminal untuk boot.

Metode 2. Untuk sistem operasi Windows baru (10, 8.1,

Masuk ke BIOS melalui OS:

    Di desktop, buka
Dengan cara ini, Anda dapat masuk ke BIOS tanpa menggunakan keyboard.

Mengatur parameter yang benar

Tapi bahkan di sini ada jebakan. Dalam kasus keyboard USB, masalahnya mungkin dukungan yang dinonaktifkan untuk perangkat tersebut di sistem utama itu sendiri.

Dalam hal ini, Anda harus menghubungkan keyboard PS / 2 atau, jika memungkinkan, masuk ke BIOS pada laptop dengan menekan tombol khusus, dan kemudian temukan parameter seperti Dukungan USB Legacy atau dan Dukungan Keyboard USB dan lihat nilai yang ditetapkan. Jika memang ini alasannya, maka akan disetel ke Disabled. Perlu diubah menjadi Enabled dan simpan perubahannya es saat keluar (F10, Y). Reboot akan mengikuti. Mungkin ini satu-satunya cara untuk memperbaiki masalah.

Metode 1. Ada masalah dengan port USB

Bagi yang memiliki konektor tipe PS

Pada pengaturan BIOS, Anda dapat mengaktifkan / menonaktifkan dukungan keyboard USB. Dalam situasi ini, Anda harus mengubah pengaturan di BIOS. Di sini Anda perlu mengganti keyboard dengan adaptor USB dengan keyboard dengan konektor PS (lihat foto).

Setelah terhubung, buka BIOS dan cari Dukungan Keyboard USB. Ubah Disabled dari parameter ini ke yang berlawanan (yaitu ke Enabled).

Hidupkan ulang komputer. Semuanya bekerja.

Jika tidak ada adaptor PS (memori CMOS kosong)

Kemungkinan tidak ada keyboard dengan port PS di mana saja. Dalam hal ini, ada beberapa opsi untuk mengatur ulang pengaturan BIOS ke default pabrik.

Menekan tombol reset

Dalam beberapa kasus, ada tombol "Reset" khusus pada casing PC (tombol restart komputer). Dengan itu, Anda dapat mengembalikan pengaturan BIOS ke pengaturan pabrik.

  1. Matikan komputer.
  2. Kami sepenuhnya mengecualikan koneksi komputer ke sumber daya.
  3. Tahan tombol selama lima detik.
  4. Nyalakan komputer.

Langkah-langkah ini cukup untuk mengatur ulang pengaturan.

Lepaskan baterai

Dengan laptop, nomor dengan tombol reset tidak akan berfungsi. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan pembersihan paksa - lepaskan baterai CCMOS.

  1. Kami menonaktifkan PC sepenuhnya. Dianjurkan untuk menahan tombol daya beberapa kali (sehingga kapasitor habis).
  2. Temukan baterai CR2032 kecil (seukuran koin).
  3. Lepaskan baterai dengan menekan kaitnya. Hati-hati, pada beberapa papan baterai ini tidak bisa dilepas.
  4. Kami menunggu beberapa detik dan memasukkan baterai dengan sisi yang sama.

Nyalakan komputer. Langkah-langkah di atas akan mengatur ulang pengaturan dan keyboard Anda akan mulai berfungsi.

Operasi jumper

  1. Matikan komputer. Dianjurkan untuk mencabut steker dari stopkontak.
  2. Buka penutup unit sistem komputer Anda, kami menemukan pemicu yang disebut "Clear CMOS". Penting untuk mengubah posisinya untuk sementara waktu (sebagai aturan, 10-20 detik sudah cukup).
  3. Selanjutnya, kembali ke posisi awal.

Jika Anda tidak dapat menemukan jumper ini, Anda memiliki dua pin. Dalam hal ini, tutup kontak dengan obeng (atau benda konduktif lainnya), tunggu sekitar 20 detik.

Nyalakan komputer. Pastikan keyboard berfungsi.

Apa lagi yang bisa ada?

Menurut ulasan, terkadang kegagalan keyboard dapat dikaitkan dengan kerusakan pada stik RAM, malfungsi catu daya, korsleting beberapa kontak langsung pada motherboard, port yang tidak berfungsi, dll. diagnostik seluruh sistem tidak cukup.

Akhirnya, mungkin juga ada masalah dengan sistem BIOS itu sendiri, yang terdiri dari mengganggu operasi atau usang. Dalam hal ini, Anda harus melakukan flashing lengkap, tetapi proses ini tidak aman, dan tanpa pengetahuan khusus, pengguna biasa dapat menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki pada komputer, akibatnya PC akan berhenti bekerja sama sekali.

Alih-alih hasil

Berdasarkan semua hal di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa, terlepas dari situasi saat ini, selain dari kerusakan fisik atau cacat, masalah tidak dapat dioperasikannya keyboard dan akses ke sistem utama diselesaikan dengan cukup sederhana.

Tetapi ada banyak alasan untuk fenomena seperti itu. Dan mereka tidak selalu dikaitkan secara eksklusif dengan cacat fisik. Dalam kebanyakan kasus, untuk perangkat USB yang sama, cukup mengaktifkan dukungan atau melakukan reset master sudah cukup. Ini membantu dalam 99 kasus dari 100.

Akhirnya, jika kita berbicara tentang masalah yang bersifat global, ketika keyboard tidak berfungsi sama sekali, Anda dapat segera mengidentifikasinya di layar pembuka saat Anda menghidupkan terminal komputer (akan dilaporkan bahwa keyboard tidak ada). Dalam hal ini, Anda harus memeriksa koneksi yang benar, atau menggunakan metode yang diusulkan di atas, hingga mengganti perangkat yang gagal dengan yang baru.

.