Menu mulai tidak berfungsi di Windows 10 karena kesalahan kritis - memperbaiki masalah

Bagaimana semuanya dimulai?

Setelah restart berikutnya, saya ingin pergi ke menu mulai untuk melihat cuaca melalui aplikasi Windows, tetapi saya melihat pesan berikut:

Pertama-tama saya menekan tombol "Keluar". Sistem logout dan jendela login ditampilkan. Saya memasukkan kata sandi, menunggu desktop muncul, dan kemudian mencoba membuka menu mulai lagi. Tapi kesalahannya tidak hilang!

Pengaturan konfigurasi

  • Tekan kombinasi tombol Win + R dan masuk ke kolom input:
  • Tekan Enter untuk meluncurkan konfigurator sistem. Tab "Umum" berisi item "Kustom". Di bawahnya, centang semua opsi yang tersedia:

  • Setelah mengklik "OK", Anda akan diminta untuk me-restart PC. Setuju!

Jika instruksi ini tidak mengarah ke apa pun, luncurkan jendela "msconfig" lagi dan buka tab kedua - "Memuat". Di sana, aktifkan opsi "Tanpa GUI":

Reboot PC lagi. Nah, apakah itu membantu? Semoga saja!

Dan saya kembali melihat pesan tentang kesalahan kritis di menu Mulai.

Mengedit registri

Metode ini agak lebih rumit dan melibatkan perubahan nilai dalam registri sistem, di mana Anda perlu menemukan parameternya bertanggung jawab untuk Mulai.

  1. Tekan kombinasi tombol Win + R, masukkan perintah "regedit" dan klik tombol OK (atau tekan tombol Enter).

  2. Editor Registri akan dimulai. Untuk jaga-jaga, kami membuat salinan cadangan sebelum membuat perubahan. Untuk melakukan ini, klik menu "File", lalu - "Ekspor...".

    Tentukan nama file, pilih lokasi penyimpanan dan klik tombol “Simpan”. Sekarang, jika terjadi kesalahan, Anda dapat kembali ke salinan registri ini.

  3. Dalam registri, kita perlu masuk ke folder bernama "Explorer". Path lengkapnya seperti ini: HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer.

  4. Klik dua kali pada parameter “EnableXAMLStartMenu” untuk membuka propertinya, ubah nilainya menjadi “0” dan klik OK.

  5. Jika tidak ada kunci seperti itu, buat sendiri:
      klik kanan di mana saja di area kanan jendela, di menu konteks yang muncul, pilih item "Buat", lalu "Nilai DWORD" (32 atau 64 bit tergantung pada bit sistem).

  6. Parameter baru akan dibuat. Beri nama "EnableXAMLStartMenu" dan tekan Enter.

  7. Setelah membuat perubahan pada registri, mulai ulang Explorer. Bagaimana ini dilakukan dijelaskan di bagian sebelumnya. Dalam beberapa kasus, restart komputer diperlukan.

Pemulihan

Mari kita beralih ke tindakan yang lebih radikal. Jika Anda memiliki opsi untuk secara otomatis membuat titik pemulihan yang diaktifkan di pengaturan, maka ada peluang untuk memperbaiki masalah.

  • Tekan kombinasi Win + X untuk membuka menu konteks:
  • Pilih item Panel Kontrol. Sebuah jendela akan terbuka di mana Anda harus beralih ke mode tampilan "Ikon Kecil" (sudut kanan atas), lalu klik item "Pemulihan":

  • Daftar opsi akan terbuka, di mana Anda harus memilih "Mulai. ” (seperti yang ditunjukkan pada tangkapan layar sebelumnya).
  • "Wizard" akan ditampilkan, langkah pertama adalah menentukan "titik lain.", dan kemudian dari daftar pilih salah satu yang sesuai dengan tanggal ketika menu Start bekerja tanpa kesalahan.
  • Untuk melakukan semua tindakan yang diperlukan, sistem akan restart dan memulai prosedur rollback ke keadaan sebelumnya

Jika pada akhir proses semuanya bekerja untuk Anda, maka saya menulis artikel ini tidak sia-sia!

Menginstal tema klasik

Windows 7 memiliki beberapa tema pra-instal. Di antaranya ada yang dasar yang dapat berubah secara radikal tampilan grafis antarmuka seluruh OS. Termasuk mengembalikan panel "Start" ke tampilan klasik. Selain itu, penggunaan tema yang disederhanakan dapat menghemat daya prosesor, kartu video, dan RAM secara signifikan. Untuk mengubah tema OS menjadi klasik, Anda perlu melakukan hal berikut:

  • Menu mulai.
  • Pilih "Panel Kontrol".
  • Di sini kita menemukan item "Personalisasi".

Cara lain untuk sampai ke sini. Langsung dari desktop Anda. Cara navigasi ini jauh lebih cepat dan dilakukan melalui submenu klik kanan.

  • Klik kanan pada desktop.
  • Pilih item bawah "Personalisasi".
  • Di jendela "Ubah suara dan gambar di komputer Anda", buka "Tema dasar (yang disederhanakan)".
  • Mengklik ikon tema Klasik akan mengaktifkannya.

Setelah itu, tampilan grafis semua elemen antarmuka Windows 7 akan menjadi klasik. Termasuk panel Mulai. Anda dapat mengubah tema ke yang sebelumnya dengan mengklik ikon mouse (tombol kiri).

Windows 10 Start Menu dan Cortana Critical Error

Setelah memutakhirkan ke Windows 10, sejumlah besar pengguna mengalami sistem yang melaporkan bahwa Start Menu dan Cortana tidak berfungsi.. Pada saat yang sama alasan kesalahan seperti itu tidak sepenuhnya jelas: ini dapat terjadi bahkan pada sistem bersih yang baru diinstal. Di bawah ini saya akan menjelaskan metode yang diketahui untuk memperbaiki kesalahan kritis menu mulai di Windows 10, namun, kinerjanya tidak dapat dijamin: dalam beberapa kasus mereka sangat membantu, dalam kasus lain tidak. Menurut informasi terbaru yang tersedia, Microsoft menyadari masalah tersebut dan bahkan merilis pembaruan untuk memperbaikinya sebulan yang lalu (saya harap Anda telah menginstal semua pembaruan), tetapi kesalahan terus mengganggu pengguna. Panduan lain tentang topik serupa: Menu Start Windows 10 tidak berfungsi.

Panduan untuk memulai ulang "explorer.exe"

"Explorer.exe" (alias "Explorer") adalah proses latar belakang, yang memastikan pengoperasian antarmuka grafis sistem operasi yang stabil. Dia juga bertanggung jawab atas tombol "Start". Ada kemungkinan bahwa algoritma proses mulai bekerja secara tidak benar, yang memicu kesalahan. Dalam hal ini, proses harus dimulai ulang. Untuk melakukannya, ikuti langkah berikut:

  1. Buka "Task Manager" dengan menekan salah satu kombinasi tombol "Ctrl+Alt+Delete" atau " Ctrl+Shift+Esc".

    Buka menu "Task Manager" dengan menekan kombinasi tombol "Ctrl + Alt + Delete" atau "Ctrl + Shift + Esc".

Buka tab "Processes" dan cari proses bernama "Explorer" (bisa juga disebut sebagai " explorer.exe" ). Kemudian klik kanan pada proses dan klik "Restart".

Kami menemukan proses dengan nama "Explorer", klik kanan padanya dan klik "Restart"

Setelah operasi selesai, periksa status menu Mulai. Dalam kebanyakan kasus, memulai ulang File Explorer menyelesaikan masalah ini.

Perhatikan! Jika metode ini tidak berhasil untuk Anda, coba mulai ulang File Explorer secara manual.

Untuk melakukannya:

  • selesaikan proses ini dengan mengklik "End task" ;

    Klik kanan pada proses “Explorer”, lalu klik kiri pada opsi “End task”

  • lalu klik “File ”, pilih di sana "Start a new task" dan masukkan baris "explorer.exe", klik "OK".

    Klik “File”, pilih “Run a new task” disana

    Tulis di baris “explorer.exe ”, klik “OK”

Reboot sederhana dan boot dalam mode aman

Cara pertama untuk memperbaiki kesalahan ini disarankan oleh Microsoft sendiri dan terdiri dari restart sederhana komputer (kadang-kadang dapat berfungsi, coba), atau dengan mem-boot komputer atau laptop Anda dalam mode aman, dan kemudian me-rebootnya dalam mode normal (berfungsi lebih sering).

Jika semuanya harus jelas dengan reboot sederhana, maka saya akan memberi tahu Anda cara mem-boot dalam mode aman untuk berjaga-jaga.

Tekan tombol Windows + R pada keyboard Anda, ketik msconfig dan tekan Enter. Pada tab Boot dari jendela konfigurasi sistem, sorot sistem saat ini, dan terapkan pengaturan. Setelah itu, restart komputer Anda. Jika opsi ini tidak berfungsi karena alasan tertentu, lihat panduan Mode Aman Windows 10 untuk solusi lainnya.

Jadi, untuk menghapus menu Start dan pesan kesalahan kritis Cortana, lakukan hal berikut:

  1. Masuk ke Safe Mode seperti dijelaskan di atas. Tunggu hingga Windows 10 selesai memuat.
  2. Dalam Safe Mode, pilih Restart.
  3. Masuk ke akun Anda secara normal setelah reboot.

Dalam banyak kasus, tindakan sederhana ini sudah membantu (kami akan mempertimbangkan opsi lain nanti), sementara menurut beberapa pesan di forum - bukan pertama kalinya (ini bukan lelucon, mereka benar-benar menulis bahwa setelah 3 reboot diterima, saya tidak dapat mengkonfirmasi atau menyangkal). Tetapi terjadi bahwa setelah itu kesalahan terjadi lagi.

Buat akun

Tekan: "Ctrl + Shift + Esc", lalu:

Masukkan perintah:

Jika Mulai berfungsi, transfer pengaturan dan program ke entri baru. Tekan Win+R lalu:

Pilih:

Selanjutnya:

Tekan Opsi.

​​Pilih entri yang dibuat, klik tombol "Salin".

​​

Kesalahan kritis muncul setelah menginstal antivirus atau tindakan lain dengan perangkat lunak, masalah muncul baik setelah menginstal antivirus di Windows 10, atau hanya ketika itu disimpan selama pembaruan OS (disarankan untuk menghapus antivirus sebelum memutakhirkan ke Windows 10 dan baru kemudian menginstalnya lagi). Pada saat yang sama, antivirus Avast paling sering disebut pelakunya (dalam pengujian saya, setelah menginstalnya, tidak ada kesalahan yang muncul).

Jika Anda menduga bahwa situasi serupa dapat menjadi penyebab kasus Anda, Anda dapat mencoba menghapus antivirus. Pada saat yang sama, untuk antivirus Avast, lebih baik menggunakan utilitas penghapusan Avast Uninstall Utility yang tersedia di situs web resmi (Anda harus menjalankan program dalam mode aman).

Layanan yang dinonaktifkan (jika dinonaktifkan, coba nyalakan dan mulai ulang komputer), serta pemasangan berbagai program untuk "melindungi" sistem dari malware, disebut sebagai penyebab tambahan kesalahan kritis di menu Mulai di Windows 10. Ini juga layak untuk dicoba.

Dan terakhir, cara lain yang mungkin untuk mengatasi masalah yang disebabkan oleh penginstalan program dan perangkat lunak lain yang terbaru adalah dengan mencoba menjalankan System Restore melalui Control Panel - Recovery. Masuk akal juga untuk mencoba menjalankan perintah sfc /scannow dari command prompt sebagai administrator.

Menjalankan perintah di PowerShell

Anda dapat memecahkan masalah dengan menu Mulai dengan menggunakan perintah khusus di Windows PowerShell. Menggunakan metode ini dapat menyebabkan masalah dengan App Store, tetapi dibandingkan dengan tombol Start yang tidak berfungsi, ini tidak begitu penting.

Namun, sebelum memulai langkah-langkah berikut, ada baiknya untuk membuat titik pemulihan sistem, untuk berjaga-jaga, yang dapat Anda kembalikan jika terjadi keadaan darurat.

  1. Karena Mulai tidak berfungsi, Anda harus meluncurkan PowerShell melalui Explorer. Untuk melakukannya, buka folder “v1.0”, yang terletak di: :\Windows\System32\WindowsPowerShell\v1.0. Dalam sistem 64-bit, alih-alih folder "System32", buka "System64". Setelah berada di direktori yang diinginkan, klik kanan pada file "powershell.exe" dan pilih "Run as administrator" dari menu konteks.

  2. Di jendela PowerShell yang terbuka, masukkan perintah di bawah ini dan jalankan dengan menekan tombol Enter: Get-AppXPackage -AllUsers | Foreach {Add-AppxPackage -DisableDevelopmentMode -Register "$($_. InstallLocation)\AppXManifest.xml"}

  3. Setelah perintah dijalankan, Mulai harus bekerja. Tapi di sini, sayangnya, tidak ada jaminan kesuksesan yang mutlak.

Jika semuanya gagal

Jika semua metode yang dijelaskan di atas untuk memperbaiki kesalahan ternyata tidak berfungsi untuk Anda, ada metode dengan mengatur ulang Windows 10 dan menginstal ulang sistem secara otomatis (tidak diperlukan disk, flash drive, atau gambar), saya menulis secara rinci tentang cara melakukan ini di artikel Memulihkan Windows 10.

Jika itu akan menarik:

Mengapa tidak berlangganan?

Distribusi materi baru, terkadang menarik dan bermanfaat, dari situs remontka.pro. Tidak ada iklan dan bantuan komputer gratis untuk pelanggan dari penulis. Metode berlangganan lainnya (VK, Odnoklassniki, Telegram, Facebook, Twitter, Youtube, Yandex. Zen)

26/12/2015 pada 16:02)Lihat juga:,Windows 10 Photo Viewer: program standar, cara menemukan, mengaktifkan, dan mengkonfigurasi

Masalah ini muncul setelah mengaktifkan KIS 2015 secara non-resmi.

01/07/2016 pukul 21:51

Saya memiliki masalah yang sama. Saya me-reboot komputer saya dalam mode aman dan itu hilang. Terima kasih untuk situs artikelnya!

03/02/2016 pukul 19:02

Selamat siang. Saya ingin memberi tahu Anda tentang solusi yang berhasil dari masalah di komputer dengan bantuan Anda. Setelah melihat kesalahan ini Cortana. Dia mulai mencari penyebab eliminasinya. Dalam artikel Anda, saya membaca tentang antivirus AVAST, saya baru saja menginstalnya. Setelah dihapus, masalahnya hilang. Terima kasih banyak atas tipnya. Saya bahkan tidak tahu bahwa Avast bisa membawa masalah seperti itu.

Memecahkan masalah bug kritis Windows 10: Aplikasi Cortana, Menu Mulai, KB 3081424 dan KB 3081436

Memutakhirkan ke Windows 10 tidak hanya menghadirkan fitur baru bagi pengguna, tetapi juga masalah baru.

Jadi, banyak yang mengalami kesalahan yang memanifestasikan dirinya sebagai reboot siklik komputer atau kegagalan beberapa fungsi sistem, misalnya, menu Mulai dan asisten suara Cortana.

tidak ada yang spesifik untuk solusi mereka. Namun, cara untuk menghilangkan beberapa di antaranya telah ditemukan.

Diagnosis OS Otomatis

Pada Windows (Windows) 10 Tekan "Win + R" selanjutnya:

Pergi ke:

Alat diagnostik dikategorikan. Pergi ke:

Pilih:

Jalankan diagnostik.

Jika setelah memeriksa ada kesalahan, OS akan menawarkan untuk memperbaikinya.

Cyclic reboot setelah menginstal pembaruan KB 3081424 dan KB 3081436

Salah satu tujuan menginstal pembaruan Windows adalah untuk meningkatkan stabilitas sistem.

Namun, dengan paket all-in-one KB 3081424 dan KB 3081436 untuk Windows 10, yang terjadi sebaliknya - pengguna membanjiri Dukungan Microsoft dengan keluhan tentang siklus restart komputer setelah menginstal pembaruan ini.

Dalam kasus yang tidak terlalu parah, kesalahan fatal dimanifestasikan oleh crash pada aplikasi Windows 10, khususnya Mail, People, dan Calendar.

Cara Memperbaiki

Jika komputer melakukan booting dalam mode normal atau aman, buka bagian Program dan Fitur pada panel kontrol, aktifkan tampilan pembaruan yang diinstal, dan hapus instalan pembaruan yang menyebabkan masalah.

Jika Windows 10 memberikan kesalahan kritis di kedua mode, putar kembali sistem dari lingkungan pemulihan:

  • Tekan tombol Shift + sebelum memulai Windows F8.
  • Pada layar Pemilihan Tindakan, klik Diagnosis.

  • Pilih Opsi Lanjutan.

  • Kemudian - "Pemulihan Sistem".

  • Selanjutnya, putar kembali ke pos pemeriksaan yang dibuat sebelum masalah terjadi.

Setelah rollback, boot ke Windows, luncurkan aplikasi Pengaturan dari menu Mulai, dan buka Pembaruan & Bagian keamanan.

Daftar pembaruan yang tersedia mungkin akan menyertakan pembaruan yang menyebabkan crash.

Untuk mencegah pembaruan ini diinstal lagi, Anda harus menyembunyikannya. Tetapi karena tidak ada fitur seperti itu di Windows 10, mari unduh utilitas "Tampilkan atau sembunyikan pembaruan" Microsoft, yang menggantikannya.

Setelah diluncurkan, utilitas akan memeriksa pembaruan dan menawarkan pilihan untuk menyembunyikan (menyembunyikan pembaruan) atau menampilkan yang disembunyikan (tampilkan pembaruan sembunyikan).

Mari kita pilih yang pertama dan sembunyikan apa yang ingin kita singkirkan (KB 3081424 atau KB 3081436). Mari kita restart komputer.

Selain metode ini, Microsoft menawarkan solusi lain untuk memperbaiki kesalahan kritis yang terkait dengan KB 3081424 dan KB 3081436: menginstal patch KB 3081440.

Patch ini secara otomatis memperbaiki masalah di atas dan tidak memerlukan paket apa pun untuk dihapus terlebih dahulu.

Namun, menginstalnya secara manual tidak begitu mudah - memerlukan Internet Explorer, yang juga gagal ketika KB 3081436 dan KB 3081436 gagal.

menu mulai kesalahan kritis +cortana +tidak berfungsi solusi video windows 10 / 2

Perbaiki kesalahan kritis Windows 10: aplikasi Cortana, menu mulai, KB 3081424 dan KB 3081436

Jalankan Pemecahan Masalah Start Menu

Microsoft telah meluncurkan paket pemecahan masalah diagnostik Start Menu yang menemukan dan memperbaiki masalah dengan menu Start dan Cortana. Alat luar biasa ini melakukan pemeriksaan ekstensif untuk menentukan apa sebenarnya yang mencegah menu Mulai berfungsi dengan benar.

Unduh Pemecah Masalah Menu Mulai Microsoft (startmenu.diagcab) dan jalankan.

Untuk menerapkan perbaikan secara otomatis, klik tombol Tingkat Lanjut dan aktifkan Terapkan Perbaikan Secara Otomatis. Tetapi jika Anda hanya ingin melakukan lari kering, hapus centang pada kotak terlebih dahulu.

Start Menu Troubleshooter pertama-tama memeriksa kemungkinan masalah berikut:

1. Aplikasi yang diperlukan tidak diinstal dengan benar

Memeriksa apakah aplikasi 'Microsoft. jendela. ShellExperienceHost' dan 'Microsoft. jendela. Cortana' diinstal dengan benar atau tidak dan secara otomatis menginstal ulang paket jika perlu.

Jika pemecah masalah tidak dapat menginstal ulang paket, coba instal ulang ShellExperienceHost dan Cortana secara manual. Gulir ke bawah hingga akhir artikel ini untuk petunjuk.

2. Masalah Izin Kunci Registri

Memeriksa apakah pengguna saat ini memiliki izin untuk mengakses kunci registri berikut dan memperbaiki ACL jika perlu: ​​

HKEY_CURRENT_USER \Software\ Microsoft\Windows\CurrentVersion\DeviceAccess\Global

3. Ubin database rusak

File database ubin terletak di sini:

%localappdata%\TileDataLayer\Database \vedatamodel.edb

Pemecah masalah memeriksa apakah file ini ada dan sedang digunakan oleh pengguna yang masuk. Jika demikian, ini dianggap sebagai pertanda baik. Jika tidak, itu akan menghapus file database ubin yang rusak dan membuat salinan baru.

4. Manifes aplikasi rusak

Memeriksa apakah file manifes berikut tidak ada dan isinya kosong.

C:\Windows\ImmersiveControlPanel\Application.manifest

File ini hilang atau rusak dapat menyebabkan masalah antarmuka pengguna di beberapa area Windows. Sebagai catatan tambahan, menjalankan SFC dan/atau DISM harus mengembalikan salinan asli file itu dari sumbernya.

.