Windows 10 tidak mau mulai? Metode pemulihan

Hari ini di blog saya adalah debut penulis dari anggota konferensi OSZone dalam serangkaian materi tentang mempercepat boot Windows dan diagnostiknya.

Terkadang kita memperhatikan bahwa sistem operasi membutuhkan waktu lebih lama untuk boot dari biasanya. Jika ini adalah kasus episodik, tidak ada alasan untuk khawatir. Tetapi ketika fenomena ini menjadi sistematis atau berkembang, ada baiknya memikirkan alasan perilaku sistem yang "aneh" seperti itu. Pada artikel ini, kita akan melihat salah satu cara untuk mendiagnosis penyebab boot Windows yang lama menggunakan alat regulernya - log Peraga Peristiwa. Cara cepat untuk mengakses alat ini adalah dengan menekan pintasan keyboard Win+R lalu mengetik: eventvwr.msc /s

.

Pada halaman ini:

  • Memfilter log peristiwa
  • Menemukan durasi unduhan
  • Mendiagnosis unduhan yang lambat

Cara melakukan boot bersih di Windows 10

Jika komputer menjadi lambat dan tidak stabil, maka biasanya pengguna menggunakan prosedur standar: periksa sistem untuk virus, reboot, dan jalankan pemeriksaan disk untuk kesalahan. Namun bagaimana jika PC terus mengalami masalah kesehatan, dan Anda tidak dapat menentukan penyebabnya? Dalam kasus yang paling ekstrim, sejumlah pengguna memilih untuk menginstal ulang Windows sepenuhnya, dengan asumsi bahwa semua masalah terkait dengan sistem operasi. Pengguna lain mencoba untuk menghapus dan menginstal ulang aplikasi, percaya bahwa masalahnya disebabkan oleh perangkat lunak pihak ketiga.

Namun, ada cara yang lebih mudah untuk mendiagnosis kesalahan perangkat lunak yang mungkin menyebabkan masalah kinerja. Metode ini dikaitkan dengan penggunaan boot Windows "bersih" - ini adalah mode boot ketika hanya driver kritis dan layanan sistem operasi yang dimuat.

Situs web resmi Microsoft menyatakan:

Boot sistem "bersih" digunakan untuk memulai Windows dengan set driver dan program minimal dari startup. Ini membantu menyelesaikan konflik perangkat lunak yang terjadi saat Anda menginstal program atau pembaruan, atau saat Anda menjalankan program di Windows 10, Windows 8.1, Windows 8, Windows 7, atau Windows Vista. Boot bersih juga memungkinkan Anda untuk memecahkan masalah atau mencari tahu konflik mana yang menyebabkan masalah.

Opsi unduhan

Pertama-tama, pastikan Anda masuk dengan akun administrator, karena Anda perlu melakukan perubahan pada sistem yang tidak tersedia untuk akun terbatas.

Ada beberapa opsi boot yang dapat Anda konfigurasikan sebelum melakukan boot bersih Windows. Tekan tombol Windows + R dan ketik msconfig. Dalam kotak dialog Konfigurasi Sistem, pada tab Umum, pilih salah satu opsi startup yang tersedia - Startup normal, Startup diagnostik atau Startup kustom.

  • Normal Startup digunakan untuk penggunaan komputer sehari-hari. Mode ini memuat semua driver dan layanan yang dikonfigurasi dari Microsoft dan aplikasi pihak ketiga.
  • Startup diagnostik memungkinkan Anda untuk mem-boot hanya perangkat dan layanan dasar yang membantu mengisolasi kesalahan dan, jika mungkin, menentukan sumber masalahnya.
  • Startup selektif menawarkan banyak opsi tambahan - pengguna dapat mengonfigurasi komponen mana yang akan dimuat (layanan, program startup) dan dapat menggunakan konfigurasi boot asli. Jika opsi boot ini membantu memulihkan kinerja sistem, maka konfigurasi boot bersih secara manual tidak diperlukan lagi.

Cara melakukan boot bersih

dan centang kotak Jangan tampilkan layanan Microsoft. Ini berarti bahwa hanya layanan yang tidak dibuat oleh Microsoft yang akan muncul di komputer Anda. Nonaktifkan semuanya, tetapi ingat konfigurasi layanan saat ini (tulis, ambil tangkapan layar) sehingga setelah boot bersih Anda dapat memulihkan layanan dalam urutan yang sama.

Setelah menonaktifkan layanan yang tidak perlu, buka tab Startup dan klik tautan "Buka Pengelola Tugas". Nonaktifkan semua item, tetapi simpan kembali informasi konfigurasi asli untuk pemulihan nanti.

Sekarang Anda dapat menutup semua jendela dan me-restart komputer Anda. Jika sistem melakukan booting dengan benar dan kinerja sistem asli dipulihkan, maka masalahnya terkait dengan perangkat lunak pihak ketiga. Jika tidak, Anda harus mengkonfigurasi Windows.

Dewan. Jika sistem bekerja dengan benar dalam mode boot bersih, ini menunjukkan bahwa satu atau beberapa program yang Anda nonaktifkan adalah penyebab kegagalan. Dalam situasi seperti itu, dengan metode eliminasi, yaitu memasukkan program dan layanan satu per satu, dengan me-reboot dan memeriksa operasi, Anda dapat menentukan program yang memengaruhi operasi. Setelah mengidentifikasi program yang memengaruhi operasi, biarkan nonaktif atau hapus, atau hubungi pengembangnya untuk penyelesaian masalah lebih lanjut.

Setelah itu, ingat untuk mengembalikan konfigurasi dan kembali ke mode boot normal. Selain itu, setelah boot bersih, Anda dapat menghapus aplikasi apa pun yang menurut Anda mungkin menjadi sumber masalah dan berdampak buruk pada kinerja sistem.

Untuk menonaktifkan mode boot bersih, pada tab Umum dari jendela program Konfigurasi sistem, pilih item Startup normal. Kemudian tekan OK, lalu Reboot.

Cari tahu waktu boot

unduhan) di bagian Tampilan Kustom dan urutkan kolom Tanggal dan Waktu dalam urutan menaik. Dengan cara ini Anda dapat melihat bagaimana waktu boot sistem telah berubah sejak hari penginstalan (Gambar 5).

Gambar 5

Gambar tersebut menunjukkan bahwa durasi boot pertama Windows saya (tanggal instalasi) per 15 Maret, 2010 adalah 44.498 milidetik—atau, jika dibagi 1.000, sekitar 45 detik. Untuk menjalankan pertama, indikator ini normal, karena setelah instalasi sistem melakukan sejumlah tugas: menginstal driver, menginisialisasi program saat startup, mengkonfigurasi profil pengguna, dan sebagainya.

Pada 30 Januari 2011, waktu pengunduhan telah meningkat dan berjumlah 115652 md, mis. hampir 2 menit. Itu banyak.

Tampilan kustom Waktu Booting menyediakan informasi tentang semua waktu boot sistem selama masa pakai sistem. Terkadang unduhan tertunda karena alasan yang cukup dapat dimengerti - karena pemasangan pembaruan, driver, atau perangkat lunak.

Pada tab Details, proses pengunduhan dijelaskan secara rinci, tetapi hanya tiga parameter pada tab Details yang cukup untuk menganalisis durasi unduhan (Gbr. 6).

Gambar 6

Mari kita pertimbangkan esensi dari nilai parameter ini secara lebih rinci.

  • Parameter "MainPathBootTime" menunjukkan interval waktu antara tampilan logo Windows animasi di layar dan tampilan desktop. Pada titik ini, sistem sudah dapat digunakan, tetapi tugas dengan prioritas rendah terus dimuat di latar belakang.
  • Parameter BootPostBootTime menunjukkan berapa lama setelah desktop muncul, sistem dapat digunakan sepenuhnya.
  • Parameter BootTime adalah nilai yang sama seperti pada tab General, berlabel Boot Time. Ini adalah jumlah dari parameter "MainPathBootTime" dan "BootPostBootTime".

Dan akhirnya, kita sampai pada yang paling penting dan menarik.

Cara mendapatkan daftar driver yang dimuat saat Windows 10 dijalankan

Pada Windows 10, jika Anda memiliki masalah dengan driver, Anda dapat mengaktifkan opsi "boot logging" untuk membuat file khusus ntbtlog.txt yang berisi daftar detail pengandar pemuatan dan pembongkaran selama pengaktifan komputer.

Ini tidak akan memperbaiki masalah apa pun dengan perangkat Anda, tetapi Anda dapat menganalisis informasi ini untuk memahami apa yang mencegah Windows 10 melakukan booting dengan benar dan menemukan perbaikan yang sesuai.

Dalam tutorial Windows 10 ini, kami akan menunjukkan kepada Anda cara mengaktifkan "boot log" untuk mengumpulkan informasi tentang driver yang dimuat dan diturunkan selama startup menggunakan konfigurasi sistem dan baris perintah.

Cara sepenuhnya menghapus riwayat unduhan di Yandex

Ada beberapa cara untuk menghapus seluruh riwayat file yang Anda unduh sekaligus:

    Tekan tiga tombol secara bersamaan Ctrl + Shift + Del pada keyboard.

    Riwayat Yandex dihapus menggunakan tombol pintas

Jendela bernama Hapus riwayat akan terbuka.

Cara menghapus riwayat browser Yandex

Dalam hal ini Anda hanya perlu memeriksa item Riwayat unduhan dan klik pada Hapus riwayat tombol. Tekan tombol pengaturan berupa tiga garis sejajar. Menu konteks akan terbuka di mana Anda memilih secara berurutan Lanjutan - Hapus riwayat.

Riwayat Yandex sedang dihapus hari ini

Sebuah jendela bernama Hapus riwayat akan terbuka. Dalam hal ini, Anda hanya perlu meninggalkan tanda centang untuk item Riwayat unduhan dan klik tombol Hapus riwayat. Tekan tombol pengaturan berupa tiga garis sejajar. Menu konteks akan terbuka di mana Anda memilih Pengaturan.

Cara menghapus riwayat di mesin pencari Yandex

Di bagian paling bawah pengaturan, klik Tampilkan pengaturan lanjutan dan temukan paragraf yang disebut Data pribadi di dalamnya. Klik tombol Hapus riwayat unduhan. Sebuah jendela bernama Clear history akan terbuka. Dalam hal ini, Anda hanya perlu meninggalkan tanda centang untuk item Riwayat unduhan dan klik tombol Hapus riwayat.

Artikel ini akan memberi tahu Anda berbagai cara untuk melihat riwayat di Browser Yandex, tempat log kunjungan situs disimpan, kami akan menyentuh topik menghapus dan mencari halaman dalam riwayat.

Cara mengaktifkan "boot log" menggunakan konfigurasi sistem

Untuk mendaftarkan informasi driver saat boot menggunakan konfigurasi sistem, lakukan hal berikut:

    Di menu pencarian, masukkan konfigurasi sistem dan klik pada hasil pertama untuk membuka pengalaman.

Petunjuk: Anda juga dapat menggunakan pintasan keyboard Win + R untuk membuka jendela Run, ketik perintah msconfig, dan klik OK untuk membuka Konfigurasi Sistem.

    Buka tab Unduh.
  • Aktifkan pengaturan Boot log.

  • Klik Terapkan dan OK.
  • Nyalakan ulang komputer Anda.
  • Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah ini, file khusus akan dibuat berisi daftar driver yang telah dimuat, termasuk driver yang gagal dimuat.

    Melihat file teks ntbtlog

    Untuk menemukan dan melihat file ntbtlog.txt, gunakan langkah-langkah berikut:

  1. Buka jendela perintah "Jalankan" menggunakan pintasan keyboard Win + R.
  2. Masukkan jalur file berikut: C:Windowsntbtlog.txt
  3. Klik OK.

Dalam file teks, Anda dapat melihat daftar driver yang dimuat dan dibongkar, yang sekarang dapat digunakan dalam proses pemecahan masalah untuk menemukan driver yang bermasalah.

Jika Anda tidak lagi membutuhkan "bootlog", Anda dapat menonaktifkan fitur ini menggunakan instruksi yang sama, tetapi pada langkah 3, pastikan untuk mengosongkan kotak centang.

Mengakses pemilihan metode boot

Untuk memanggil menu pemilihan mode, lakukan hal berikut:

  1. Jika sistem boot dan bekerja, gunakan salah satu cara untuk masuk ke menu boot - misalnya, buka jalur "Mulai" - "Matikan", lalu tahan tombol Shift dan klik "Mulai Ulang".

    Jika sistem tidak memulai, pesan yang sesuai akan muncul saat Anda menghidupkan komputer, gunakan tombol "Opsi pemulihan tambahan" di dalamnya.

  2. Pilih opsi Pemecahan Masalah.
  3. Kemudian pilih Opsi Lanjutan.
  4. Buka Opsi Unduhan.
  5. Gunakan tombol Mulai Ulang.
  6. ​​

    Setelah memuat, menu berikut akan muncul.

    Masing-masing poin ini akan dibahas selanjutnya.

Cara mengaktifkan "boot log" menggunakan baris perintah

Untuk mencatat informasi driver selama boot menggunakan baris perintah, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka command prompt sebagai administrator.
  2. Ketik perintah berikut dan tekan tombol Enter:
  3. Pada bagian "Windows Boot", catat "identifier" dan "bootlog". Misalnya: pengenal -.
  4. bootlog – No.

Ketik perintah berikut untuk mengaktifkan logging selama boot dan tekan Enter:

Pada perintah ganti ke ID Anda.

Setelah menyelesaikan langkah-langkah ini, file log akan dibuat di folder Windows dengan driver yang dimuat, termasuk yang tidak dimuat.

Melihat file teks ntbtlog dilakukan dengan cara yang sama seperti pada kasus sebelumnya: di alamat - C:Windowsntbtlog.txt

Anda selalu dapat membatalkan perubahan menggunakan instruksi yang sama yang dijelaskan di atas, tetapi pada langkah 4 pastikan untuk menggunakan perintah ini: bcdedit /set bootlog No

Meskipun panduan ini difokuskan pada Windows 10, "boot log" telah tersedia selama bertahun-tahun dan Anda juga dapat menggunakan instruksi yang sama pada Windows 8.1 dan Windows 7.

Cara melihat unduhan di Yandex

Riwayat unduhan Yandex dapat dibuka dengan beberapa cara.

Metode pertama membuka seluruh riwayat file yang diunduh menggunakan tombol pintas.

Cara melihat riwayat di Yandex

Dengan menekan tombol Ctrl + J secara bersamaan pada keyboard, sebuah jendela akan terbuka di mana Anda akan melihat semua unduhan yang telah Anda buat. Cara kedua adalah dengan membuka history file yang diunduh melalui pengaturan browser.

Cara melihat riwayat browser Yandex

Klik tombol Pengaturan, yang terlihat seperti tiga bilah paralel yang terletak di sudut kanan atas browser. Menu konteks akan terbuka di mana Anda memilih item Unduhan. Cara ketiga membuka halaman dengan semua unduhan Anda menggunakan papan skor.

Cara memeriksa riwayat browser Yandex

Buka tab kosong baru dan klik Semua Bookmark.

Cara melihat log masuk Yandex

Sebuah halaman akan terbuka di mana Anda harus pergi ke tab Unduhan.

Mengapa kita memerlukan log unduhan

Banyak pengguna bahkan tidak tahu apa itu log unduhan (atau log) dan mengapa dibutuhkan. Tanpa merinci, boot log adalah file teks sederhana yang berisi informasi untuk menganalisis proses memulai komputer dan sistem operasi.

Paling sering, log boot diperlukan bagi administrator sistem untuk memahami masalah apa yang mencegah sistem operasi memuat, menyebabkan kesalahan tertentu saat memulai program atau dalam proses kerja Windows. Log boot menampilkan daftar lengkap driver dan pustaka yang dimuat saat komputer dinyalakan.

"Nonaktifkan restart otomatis setelah crash"

Windows 10, seperti edisi sebelumnya dari OS dari Microsoft, restart secara default jika crash selama operasinya. Fitur ini tidak selalu berguna - misalnya, selama pengujian perangkat lunak atau beberapa perangkat baru. Anda dapat menonaktifkan restart otomatis menggunakan mode khusus - untuk menggunakannya, tekan tombol F9.

Kami meninjau secara singkat opsi boot Windows 10 tambahan. Seperti yang Anda lihat, tidak semuanya akan berguna bagi rata-rata pengguna.

Ketika Anda mengalami masalah dengan sistem Windows Anda, ada kemungkinan besar bahwa driver yang salah. Dalam situasi seperti itu, memiliki informasi sebanyak mungkin tentang driver mana yang dimuat dan mana yang tidak dapat membantu Anda memecahkan masalah sistem. Untungnya, Windows memiliki fitur yang disebut "boot log" yang mencatat setiap driver yang dimuat saat startup sistem.

Cara mengaktifkan log boot di Windows 10

Agar file teks ntbtlog.txt muncul di folder Windows, Anda harus membuatnya. Secara default, Windows 10 menonaktifkan proses pembuatan file ini saat komputer melakukan booting.

Ada dua cara untuk mengaktifkan pembuatan file log boot:

    Melalui pengaturan konfigurasi sistem. Untuk melakukannya, Anda perlu menjalankan utilitas Konfigurasi Sistem. Untuk menjalankan utilitas ini, tekan kombinasi Win + R pada keyboard Anda untuk membuka jendela Run. Di dalamnya, tulis perintah untuk menjalankan utilitas - msconfig.

Jika komputer memiliki satu sistem operasi Windows 10 yang diinstal (seperti pada contoh di tangkapan layar), maka dua daftar item akan ditampilkan - Boot Manager dan Windows Boot. Anda perlu merujuk ke boot Windows yang memiliki pengidentifikasi saat ini. Ketik yang berikut pada baris perintah:

Penting: Jika Anda memiliki pengenal selain, Anda harus mengganti bagian dari perintah yang digunakan di atas dengan itu. Setelah menjalankan perintah ini, Anda harus me-restart komputer agar log boot dibuat di folder Windows.

Apa yang harus dilakukan jika Windows tidak dapat dijalankan

Sayangnya, ketidakmampuan Windows untuk boot adalah masalah tanpa pesan kesalahan atau solusi nyata lainnya. Anda mungkin mengalami layar hitam segera setelah memulai, atau komputer dapat memulai ulang dengan sendirinya alih-alih atau bahkan setelah ditampilkan di layar Desktop. Paling sering, ini terjadi karena driver perangkat yang salah, kesalahan dalam registri sistem, korupsi file, dan malware. Apa yang harus dilakukan jika Windows tidak memulai? Tidak ada File Explorer untuk menghapus file, tidak ada Internet untuk menemukan solusi, tidak ada Pengelola Perangkat untuk mematikan dan menghidupkan komponen, dan tidak ada permainan solitaire untuk menghabiskan waktu saat Anda menunggu program antimalware selesai diunduh. Anda hanya memiliki buku ini dan suara napas Anda dalam keheningan. Untungnya, Microsoft telah menghapus Konsol Pemulihan terbatas yang digunakan pada Windows 2000 dan XP. Itu telah digantikan oleh toolkit otomatis, yang akan dibahas nanti, serta baris perintah berfitur lengkap. Perbaikan Startup Ketika alat Perbaikan Startup Windows 7 sedang dibangun, Microsoft menggunakan pendekatan Apple Computer untuk menjaga hal-hal sederhana, tetapi dengan cara yang tidak akan mulai bekerja di dunia nyata. Memulai Pemulihan diinstal secara default di Windows 7 di partisi disk yang terpisah, tetapi tergantung pada tingkat kerusakan, Anda akan bisa sampai di sana atau tidak. Baca bagian "Menggunakan F8". Jika F8 tidak berfungsi, maka Anda harus menemukan disk instalasi Windows 7, yang mungkin sudah Anda lupakan. Masukkan disk instalasi ke dalam drive dan nyalakan komputer. Jika jendela "Instal sekarang" muncul, klik tautan Perbaiki komputer Anda di bagian bawah. Jika prompt muncul di layar, lalu pilih opsi Use recovery tools, pilih sistem operasi dari daftar dan klik Next. Opsi lain di sini disebut Pulihkan komputer Anda menggunakan citra sistem dan hanya berlaku jika Anda telah menggunakan alat Gambar Sistem. Hati-hati dengan alat ini; Anda pasti akan kehilangan semua informasi jika memilih opsi ini. Kabar baiknya adalah Anda dapat berbaring di kursi Anda dan mengikuti tanda selama sekitar dua puluh menit. Kabar buruknya adalah Anda tidak punya pilihan lain. Anda mungkin akrab dengan menu interaktif dari lima alat perbaikan berguna yang ditemukan di Windows Vista; jangan khawatir, mereka juga hadir di Windows 7, tetapi Anda harus menunggunya. Selama beberapa menit, Windows akan mencoba memperbaiki masalah tanpa bantuan Anda, tetapi hanya untuk kemudian memberikan opsi - untuk mulai menginstal Windows lagi. Tekan tombol Batal untuk terus melihat bilah hitam yang sedang berjalan; nanti Anda akan ditawari alat pemulihan sistem terbaik. Jika alat otomatis Windows membantu menyelesaikan masalah, anggap diri Anda beruntung. Jika tidak, pesan "Perbaikan Startup tidak dapat memperbaiki komputer ini secara otomatis" akan muncul, meminta Anda untuk mengirim laporan masalah ke Microsoft; tetapi karena sistem Windows tidak berjalan dan koneksi jaringan tidak aktif, pesan seperti itu tidak akan dikirim ke mana pun. Klik Batal untuk menampilkan halaman selamat datang dengan alat Pemulihan Sistem. Berikut cara kerja alat ini: Pemulihan Startup Menekan tombol ini akan membawa Anda mundur satu langkah; jika Anda sudah sampai sejauh ini, maka opsi ini tidak ada gunanya. Pemulihan Sistem Tombol ini membawa Windows kembali ke beberapa titik pemulihan. Ini berguna jika penginstalan driver terbaru mencegah Windows memulai sistem. Bergantung pada berapa lama pembuatan titik pemulihan sistem terakhir terjadi, tidak ada yang terjadi, atau Anda dapat mundur sangat jauh. Patut dicoba, tetapi jangan kaget jika merusak aplikasi atau driver yang baru diinstal. Perhatikan bagian "Kembali ke masa lalu - menggunakan titik pemulihan dan salinan bayangan". Memulihkan citra sistem Operasi ini dapat digunakan untuk membersihkan hard disk dan memulihkan cadangan yang dibuat dengan alat Citra Sistem di Panel Kontrol. Windows Memory Diagnostic Tombol ini akan memeriksa kesalahan pada memori sistem. Tidak seperti yang lainnya, alat ini tidak mengubah apa pun pada hard drive, sehingga dapat digunakan kapan saja. Command Line Dari semua alat yang terdaftar di halaman ini, inilah yang akan menghemat waktu Anda. Gunakan alat ini untuk membuka jendela Prompt Perintah yang memungkinkan Anda menyalin, menghapus, atau mengganti nama file yang mungkin mencegah Windows memuat. Tindakan ini juga dimungkinkan dalam Safe Mode dengan dukungan baris perintah. Menggunakan F8 Segera setelah memulai komputer, tetapi sebelum logo Windows muncul, tekan F8 untuk membuka menu Opsi Booting Lanjutan. Jika F8 tidak membantu, maka komputer Anda mungkin tidak mengenali penginstalan Windows, dan Anda akan memerlukan alat Perbaikan Pengaktifan pada diska penginstalan Windows, yang dijelaskan sebelumnya. Jika alat ini tidak berfungsi, atau Anda tidak memiliki diska asli, maka sebaiknya lepaskan hard drive dari komputer dan sambungkan ke komputer lain menggunakan alat USB khusus. Dan kemudian dimungkinkan untuk mengidentifikasi masalahnya, atau, dalam kasus terburuk, mencoba memulihkan setidaknya sebagian dari data Anda, seperti yang dijelaskan di bagian "Memulihkan sistem setelah kerusakan." Dari menu yang muncul setelah menekan F8, Anda dapat memilih opsi berikut: Pemulihan Komputer Memilih opsi ini akan membawa Anda langsung ke halaman Opsi Pemulihan Sistem. Jika opsi Pemulihan Komputer tidak muncul, ini berarti hard drive Anda tidak berisi partisi Pemulihan Sistem 100 MB yang tersembunyi. Jika bagian ini tidak ada, disk instalasi Windows 7 diperlukan untuk mengakses alat. Safe Mode Dalam mode ini, Windows berjalan dalam keadaan semi-fungsional yang memungkinkan Anda untuk memecahkan masalah atau menghapus program atau driver perangkat. Jika driver jaringan tidak bertanggung jawab atas crash Windows, gunakan opsi Safe Mode with Network Driver Load, bukan hanya Safe Mode. Safe Mode with Network Driver Loading Ini pada dasarnya sama dengan Safe Mode, kecuali Windows memuat driver jaringan. Ini sangat penting jika Anda perlu mengakses Internet atau mentransfer file dari atau ke komputer lain melalui jaringan untuk menemukan solusi dan mengunduh antimalware. Safe Mode dengan Command Prompt Alih-alih memuat Windows dan Desktop, Anda akan melihat jendela Command Prompt. Ini akan mirip dengan yang tersedia dari jendela Opsi Pemulihan Sistem. Safe Mode with Command Prompt boot option adalah pilihan yang baik jika Anda menduga bahwa penginstalan driver baru-baru ini mencegah Windows untuk memulai. Ketika jendela Command Prompt muncul, ketik devmgmt.msc dan tekan Enter untuk meluncurkan Device Manager. Kemudian, di jendela Device Manager, temukan driver, klik kanan dan nonaktifkan. Tutup Pengelola Perangkat dan mulai ulang Windows. Untuk keluar dari jendela Command Prompt dan memulai ulang Windows, ketik kata Exit dan tekan Enter. Jika setelah mengetik kata Keluar jendela Command Prompt tertutup tetapi Windows tetap berjalan, tekan Ctri+Alt+Del lalu panah kecil di sebelah tombol merah di bagian bawah layar. Untuk mengatasi kesalahan file pada hard drive Anda, lihat bagian Pemecahan Masalah pada hard drive Anda. Boot Logging Opsi ini memulai Windows dengan cara biasa, kecuali bahwa setiap langkah booting dicatat ke file ntbtlog.txt, yang terletak di folder \Windows. Jika Windows tidak memulai, mulailah dengan memilih boot logging setidaknya sekali. Kemudian restart komputer Anda, tekan kembali tombol F8 dan pilih salah satu opsi Safe Mode yang tercantum sebelumnya. Saat Anda masuk kembali ke Windows, baca entri menggunakan Notepad; kemungkinan entri terakhir di log berisi informasi tentang sumber masalah. Aktifkan Mode Video Resolusi Rendah Opsi ini menjalankan Windows secara normal, tetapi dalam mode VGA. Ini membantu mendeteksi driver yang rusak atau pengaturan perangkat keras video yang salah dengan memulai Windows dalam mode tampilan yang paling kompatibel. Load Last Known Good Configuration Opsi ini memulai Windows dengan driver dan pengaturan Registry yang sama dengan sistem yang berhasil di-boot dari sebelumnya. Gunakan opsi ini jika perubahan terbaru pada Registri atau penginstalan perangkat keras telah menyebabkan masalah yang mencegah Windows memulai. Lihat bagian "Kembali dalam Waktu - Menggunakan Titik Pemulihan dan Salinan Bayangan". Mode Pemulihan Layanan Direktori Jika komputer Anda adalah pengontrol domain jaringan, yang sama sekali tidak mungkin dilakukan di Windows 7, opsi ini menonaktifkan Direktori Aktif. Dengan kata lain, pada Windows 7 Anda tidak akan dapat menggunakan metode ini. Mode Debug Dalam mode ini, biasanya tidak ditujukan untuk pengguna akhir, informasi tentang memperbaiki masalah dikirim ke port serial untuk direkam oleh komputer lain. Secara umum, apakah komputer Anda memiliki port serial? Nonaktifkan restart otomatis pada kegagalan sistem Tidak seperti delapan opsi lainnya, opsi ini hanya mengubah pengaturan sehingga Anda dapat menentukan mengapa Windows tidak dapat dijalankan. Jika crash terjadi selama Windows boot, maka secara default komputer restart begitu cepat sehingga tidak mungkin untuk membaca pesan kesalahan pada layar biru yang terkenal itu. Nonaktifkan restart otomatis pada kegagalan sistem jika Anda ingin membaca pesan dan kemudian restart komputer Anda secara manual. Nonaktifkan Penegakan Penandatanganan Driver Secara default, Windows 7 edisi 64-bit tidak akan mengizinkan penginstalan driver yang tidak ditandatangani. Dimungkinkan untuk menonaktifkan penegakan penandatanganan driver sehingga komputer dapat menginstal driver yang tidak ditandatangani, tetapi dalam praktiknya ini tidak pernah berhasil. Sebagai gantinya, untuk memuat Windows, buka jendela Command Prompt dan ketik berikut ini: bcdedit.exe - set loadoptions DDISABLE_INTEGRITY_CHECKS Tekan tombol Enter, tutup jendela Command Prompt, dan mulai ulang Windows untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Jika itu tidak berhasil, maka Anda mungkin harus menghentikan dukungan untuk perangkat tertentu hingga pabrikan membuat driver yang ditandatangani dan asli untuk perangkat tersebut. Normal Windows Boot Nama opsi ini cukup jelas - gunakan untuk melanjutkan boot Windows normal seolah-olah Anda tidak pernah menekan F8. Dengan alat ini, Anda akan memiliki semua yang Anda butuhkan untuk mengaktifkan dan menjalankan kembali Windows.

  • Penulis: Alexey
  • Cetak

Beri nilai artikel ini: Bagikan dengan teman!

Apa yang harus dilakukan jika Windows tidak dapat menemukan driver normal

Mulai Windows segera

Cara membaca log boot Windows 10

Meskipun log booting ini adalah dokumen teks khusus untuk administrator sistem, dan pengguna biasa dapat mengambil sesuatu yang berguna darinya.

Dalam log boot, ditunjukkan sebelum setiap komponen apakah itu dieksekusi atau tidak:

  • BOOTLOG_LOADED - berarti bahwa driver dimuat tidak ada kesalahan.
  • BOOTLOG_NOT_LOADED Menunjukkan bahwa awal pengandar ini dilewati selama boot sistem operasi.

Berdasarkan informasi ini, Anda dapat menarik kesimpulan tentang driver mana di komputer Anda yang mungkin bermasalah.

Di mana log peristiwa di Windows 10, cara melihatnya dan menemukan kesalahan

Windows tahu apa yang Anda lakukan musim panas lalu. Dan kemarin, dan hari ini, dan sekarang. Tidak, dia tidak pendendam, dia hanya menuliskan semuanya - dia menyimpan catatan kejadian.

Peristiwa adalah tindakan apa pun yang terjadi di komputer: menyalakan, mematikan, masuk, meluncurkan aplikasi, penekanan tombol, dll. Dan log peristiwa Windows adalah tempat penyimpanan informasi tentang tindakan paling signifikan yang terakumulasi. Peraga Peristiwa membantu administrator dan pengembang perangkat lunak menemukan penyebab kegagalan pada perangkat keras, komponen sistem, dan program, serta memantau keamanan di jaringan perusahaan. Jadi, mari kita cari tahu di mana log peristiwa berada di Windows 10, cara membuka, melihat, dan menganalisisnya.

Di mana letak log peristiwa dan cara membukanya

"Pendaftaran" permanen dari file penampil log peristiwa - eventvwr.msc, - folder Windowssystem32. Tetapi demi akses ke sana, tentu saja tidak ada yang naik ke folder ini, karena ada cara yang lebih mudah. Ini dia:

  • Menu utama Windows - " Mulai". Anda harus mengklik tombolnya bukan dengan kiri, tetapi dengan tombol kanan mouse. Item “ Event Viewer ” adalah yang keempat dari atas.

  • Pencarian sistem - tombol dengan ikon kaca pembesar di sebelah " Mulai". Cukup dengan mengetikkan kata "view..." di kotak pencarian - dan ini dia, ditemukan.

  • Utilitas Windows " Jalankan" (Jalankan) hanya dibuat untuk mereka yang lebih suka tombol pintas. Tekan pada keyboard Windows + K (Rusia), ketik baris " Buka" perintah eventvwr (nama file penampil) dan klik OK.

  • Baris perintah atau konsol Powershell (ini juga mudah dibuka melalui menu konteks tombol Start). Untuk memulai log peristiwa, ketik eventvwr lagi dan tekan Enter.

  • Panel Kontrol lama yang bagus (omong-omong, jika Anda ingin mengembalikannya ke konteks Mulai, baca artikel ini). Buka bagian “ System and Security ”, turunkan jendela ke item “ Administration ” dan klik “ View event logs ”.

  • Utilitas sistem " Pengaturan", yang menggantikan panel kontrol. Menggali ke dalam perutnya masih menyenangkan, tetapi Anda bisa membuatnya lebih mudah - mulailah mengetik kata "administrasi" ke dalam bilah pencarian. Kemudian buka saja bagian yang ditemukan dan klik pintasan penampil.

  • Apakah Anda menganggap Windows Event Log sebagai bacaan yang menarik? Maka Anda mungkin menyukai gagasan untuk selalu menyimpannya. Untuk menempatkan pintasan penampil di desktop, buka bagian panel kontrol " Alat Administratif" dengan salah satu cara, salin pintasan dengan menekan tombol Ctrl + C, klik pada desktop dan tekan Ctrl + V

Menggunakan menu

Cara mudah untuk membuka riwayat penelusuran di Yandex Browser di komputer Anda:

  1. Luncurkan browser;
  2. Di sudut kanan atas, temukan ikon dengan tiga garis, klik di atasnya;

  3. Di menu konteks, pilih bagian "Riwayat";

  4. Tekan tombol History lagi untuk masuk ke log.
  5. Daftar situs yang dikunjungi akan terbuka segera setelah instruksi dijalankan, alamat untuk hari ini akan berada di atas, tanggal yang lalu akan di bawah.

Riwayat Browser Yandex dapat dicari menggunakan bidang di sudut kanan atas. Anda hanya dapat menemukan halaman di riwayat browser jika mode penyamaran pribadi belum diaktifkan.

Anda dapat menghapus alamat melalui menu konteks yang muncul setelah mengklik alamat itu sendiri.

Apa yang harus dilakukan jika log peristiwa tidak terbuka

Layanan dengan nama yang sama bertanggung jawab atas pengoperasian komponen sistem ini. Dan penyebab paling umum dari masalah saat membukanya adalah penghentian layanan.

Untuk memeriksa versi ini dan memulihkan penampil, buka snap-in " Layanan". Cara termudah untuk melakukannya adalah melalui Pengelola Tugas: buka tab " Layanan" di dalamnya dan klik di bagian bawah jendela " Buka Layanan".

Kemudian temukan di daftar layanan " Event Log Windows" dan, jika sudah berhenti, klik tombol putar di bilah atas jendela.

Layanan tidak dimulai? Atau sudah berjalan, tetapi lognya masih tidak tersedia? Hal ini dapat disebabkan oleh hal berikut:

  • Hak akses akun Anda dibatasi oleh kebijakan keamanan.
  • Dibatasi untuk akun sistem Layanan Lokal di mana log peristiwa berjalan.
  • Beberapa komponen sistem rusak atau diblokir oleh malware.

Melewati batasan kebijakan keamanan, jika akun Anda tidak memiliki hak administratif, kemungkinan besar tidak akan berfungsi. Dalam kasus lain, masalahnya, sebagai suatu peraturan, dapat diselesaikan dengan menggunakan alat pemulihan Windows standar:

  • Kembalikan ke pos pemeriksaan yang dibuat ketika semuanya bekerja dengan benar.
  • Dengan menjalankan utilitas untuk memeriksa dan memulihkan file sistem yang dilindungi sfc. exe - pindai sekarang pada baris perintah.
  • Memindai disk untuk infeksi virus.
  • Memulihkan izin akun sistem ke folder WindowsSystem32winevt dan System32LogFiles. Pengaturan kerja ditunjukkan pada tangkapan layar di bawah ini.

Struktur penampil log peristiwa

Utilitas penampil peristiwa tidak terlalu ramah bagi pengguna yang tidak berpengalaman. Anda tidak dapat benar-benar menyebutnya intuitif. Namun, terlepas dari penampilannya yang menakutkan, sangat mungkin untuk menggunakannya.

Bagian kiri jendela berisi direktori log, di antaranya ada 2 direktori utama. Ini adalah log Windows, tempat catatan peristiwa sistem operasi disimpan; dan log aplikasi dan layanan, yang mencatat operasi layanan dan program yang diinstal. Direktori " Tampilan Kustom" berisi pilihan kustom - grup peristiwa yang diurutkan menurut beberapa atribut, misalnya, menurut kode, menurut jenis, menurut tanggal, atau sekaligus.

Bagian tengah jendela menampilkan log yang dipilih. Di bagian atas ada tabel acara, di mana level, tanggal, sumber, kode, dan kategori tugas ditunjukkan. Di bawah ini adalah bagian dari informasi rinci tentang catatan tertentu.

Sisi kanan berisi menu operasi log yang tersedia.

Cara mencari log peristiwa untuk informasi yang menarik

Melihat semua catatan dalam satu baris tidak nyaman dan tidak informatif. Untuk memudahkan pencarian hanya data yang menarik, gunakan alat " Filter dari log saat ini", yang memungkinkan Anda untuk mengecualikan semua yang tidak perlu dari tampilan. Ini tersedia di menu " Tindakan" saat log dipilih dengan mouse.

Cara menggunakan fungsi filter

Selanjutnya isikan tab “ Filter ”:

  • Dari daftar “ Tanggal ”, pilih 7 hari terakhir.
  • Di bagian " Tingkat peristiwa", tandai kritis, kesalahan, dan peringatan.
  • Dalam daftar « Sumber acara » kami menemukan parameter yang diinginkan. Jika tidak diketahui, pilih semua.
  • Tentukan kode peristiwa (ID peristiwa) yang informasinya kami kumpulkan.
  • Jika perlu, tandai kata kunci untuk mempersempit pencarian dan tentukan pengguna (jika Anda tertarik dengan informasi tentang akun tertentu).

Ini adalah tampilan log setelah hanya menyisakan apa yang kami cari:

Membacanya menjadi jauh lebih nyaman.

Cara membuat tampilan kustom

Tampilan kustom, seperti disebutkan di atas, adalah pilihan acara kustom yang disimpan dalam direktori terpisah. Mereka berbeda dari filter biasa hanya karena mereka disimpan dalam file terpisah dan terus diperbarui dengan entri yang sesuai dengan kriteria mereka.

Untuk membuat tampilan kustom, lakukan hal berikut:

  • Sorot jurnal yang diminati di bagian direktori.
  • Klik " Buat Tampilan Kustom" di bagian " Tindakan".
  • Isikan pengaturan kotak “ Filter ” seperti pada contoh di atas.
  • Simpan filter dengan nama apa pun di direktori yang dipilih.

Tampilan khusus dapat diedit, disalin, dihapus, diekspor ke file.xml, disimpan sebagai log peristiwa.evtx, dan ditautkan tugas scheduler kepada mereka.

Sumber, level, dan kode peristiwa. Bagaimana memahami apa arti kode tertentu

Tingkat peristiwa adalah indikator signifikansinya. Semua entri log ditetapkan ke salah satu dari enam level:

  • Kesalahan kritis menunjukkan kegagalan paling parah yang menyebabkan sumber yang menyebabkannya gagal tanpa kemungkinan pemulihan sendiri. Contoh manifestasi eksternal dari kegagalan semacam itu adalah layar biru Windows of death (BSoD) atau restart komputer secara tiba-tiba.
  • Kesalahan juga menunjukkan kegagalan, tetapi dengan konsekuensi yang kurang penting bagi sistem. Misalnya, program macet tanpa menyimpan data karena kekurangan sumber daya, kesalahan startup layanan, dll. menyebabkan kegagalan, serta kemungkinan kesalahan di masa mendatang, jika penyebabnya tidak dihilangkan. Contoh: Aplikasi membutuhkan waktu lebih lama dari biasanya untuk memulai, menyebabkan sistem melakukan booting dengan lambat.
  • Pemberitahuan – pesan informasi umum, misalnya, bahwa sistem operasi telah mulai menginstal pembaruan.
  • Laporan keberhasilan (audit) – pesan yang menginformasikan tentang keberhasilan suatu acara. Contoh: program berhasil diinstal, pengguna berhasil masuk ke akun.
  • Laporan gagal (audit) - pesan tentang penyelesaian operasi yang gagal. Misalnya, penginstalan aplikasi tidak selesai karena pengguna membatalkan suatu tindakan.

Kode (ID acara) adalah angka yang menunjukkan kategori acara. Misalnya, entri yang terkait dengan booting Windows ditandai dengan kode 100-110, dan pada akhir pekerjaannya - kode 200-210.

Untuk mencari informasi tambahan pada kode tertentu, bersama dengan sumber acara, akan lebih mudah untuk menggunakan sumber daya web eventid.net Meskipun dalam bahasa Inggris, tidak sulit untuk menggunakan.

Masukkan kode yang diambil dari log peristiwa (pada tangkapan layar di bawah) di bidang " Masuk Windows peristiwa id ”, sumbernya ada di “ Peristiwa sumber ”. Kami menekan tombol " Cari" - dan sebuah tanda muncul di bawah ini dengan transkrip acara dan komentar pengguna di mana orang-orang berbagi kiat untuk memecahkan masalah terkait.

Lihat riwayat penjelajahan:

Chrome

Opsi 1

Tekan kombinasi tombol sederhana Ctrl + H - jendela dengan riwayat akan terbuka secara otomatis (catatan: H - Riwayat).

Opsi #2

Cukup salin alamat: chrome://history/ dan tempel ke bilah alamat browser Anda. Sederhana dan mudah!

Opsi No. 3

Di sudut kanan atas jendela browser, klik ikon "tiga titik" - pilih tab "Riwayat" dalam daftar yang terbuka (lihat tangkapan layar di bawah).

Selanjutnya, Anda akan melihat beberapa halaman yang terakhir dikunjungi. Jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut tentang kunjungan, klik tautan "Riwayat".

Saran! Omong-omong, untuk membuka tab terakhir (yang ditutup) - tekan kombinasi tombol Ctrl + Shift + T.

Selanjutnya, Anda akan melihat daftar lengkap semua kunjungan: menurut tanggal, waktu (lihat contoh di bawah). Anda juga dapat mencari halaman berdasarkan namanya (menu atas). Secara umum, Anda dapat dengan cepat menemukan situs-situs yang Anda kunjungi.

Opera

Opsi #1

Tekan Ctrl+H (sama seperti di Chrome).

Opsi #2

Klik "Menu" di sudut kiri atas dan pilih tab "Riwayat". Selanjutnya, Anda akan memiliki kesempatan untuk:

  1. membuka log (mengunjungi riwayat);
  2. hapus riwayat penelusuran (omong-omong, Anda juga dapat menahan tombol Ctrl+Shift+Del untuk ini);
  3. atau lihat beberapa halaman terakhir yang dilihat (contoh di bawah).

Ngomong-ngomong, majalah itu sendiri, menurut saya, bahkan lebih nyaman daripada di Chrome. Di sini Anda juga dapat mencari di riwayat dengan nama halaman tertentu, di samping ada rubrikator yang nyaman berdasarkan tanggal: hari ini / kemarin / lama.

Firefox

Opsi #1

pintasan keyboard Ctrl+Shift+H.

Opsi No.2

Anda juga dapat memanggil log dengan mengakses menu: di sudut kanan atas Anda perlu mengklik ikon "tiga baris" - di sub-jendela yang terbuka, pilih "Jurnal "(Lihat tangkapan layar di bawah).

Omong-omong, di Firefox, log penelusuran (lihat tangkapan layar di bawah), menurut saya, hampir sempurna: Anda dapat melihat riwayat hari ini, kemarin, 7 hari terakhir, bulan ini, dll. Anda dapat membuat salinan cadangan, atau entri ekspor/impor. Secara umum, semua yang Anda butuhkan ada di ujung jari Anda!

Opsi No. 1

Tekan kombinasi tombol Ctrl + H pada keyboard - menu samping kecil dengan log akan terbuka di jendela kanan atas program (contoh pada layar di bawah)

Opsi No. 2

Klik menu "Center" (terletak di sudut kanan atas program), lalu alihkan tab dari favorit ke jurnal (lihat nomor-2 pada tangkapan layar di bawah). Sebenarnya, di sini Anda dapat mengetahui semua yang diperlukan y informasi (omong-omong, di sini Anda dapat menghapus riwayat kunjungan).

Dapatkan Info Sistem - alternatif untuk penampil Windows standar

Tidak suka melihat log melalui aplikasi Windows standar? Ada alternatif yang menyajikan informasi dalam bentuk yang lebih visual dan mudah dianalisis. Salah satunya adalah utilitas Kaspersky Lab Get System Info.

Dapatkan Info Sistem menampilkan berbagai informasi tentang sistem operasi, program yang diinstal, pengaturan jaringan, perangkat, driver, dll. Entri log peristiwa hanyalah salah satu indikatornya.

Keuntungan dari utilitas ini dibandingkan alat standar Windows adalah kemudahan melihat dan menampilkan informasi yang komprehensif tentang komputer, yang membuatnya lebih mudah untuk mendiagnosis masalah. Dan kekurangannya adalah tidak merekam semuanya, tetapi hanya peristiwa terbaru dan paling signifikan.

Dapatkan Info Sistem tidak memerlukan instalasi pada PC, tetapi untuk membaca hasilnya harus diunggah ke situs penganalisis, yaitu, akses Internet diperlukan.

Cara menggunakan Dapatkan Info Sistem:

  • Jalankan utilitas dengan hak amina. Sebelum mengklik tombol " Start", tentukan folder penyimpanan log (default adalah desktop) dan centang kotak" Sertakan Windows event log".

  • Setelah file arsip bernama " muncul di desktop atau di folder yang Anda tentukan GSI6_PC_Name_ user_date_ dll.", buka situs getsysteminfo di browser Anda. com dan unggah arsip di sana.

  • " Log Peristiwa".

Utilitas mengumpulkan informasi dari " Sistem" dan " Aplikasi" log. Acara ditampilkan dalam urutan kronologis, setiap level disorot dengan warnanya sendiri. Untuk melihat informasi tentang entri tertentu, cukup klik pada baris.

Tidak ada tampilan dan pemfilteran kustom, tetapi ada pencarian dan fungsi untuk menyortir rekaman.

Bilah pencarian log dan daftar drop-down " Show cardinality" terletak di atas tabel. Dan untuk mengurutkan data berdasarkan jenis, tanggal dan waktu, sumber, kategori, kode, file atau pengguna, cukup klik pada header kolom yang diinginkan.

Informasi acara yang dikumpulkan oleh Get System Info sangat membantu dalam menemukan sumber masalah komputer, baik yang terkait dengan perangkat keras, Windows, atau perangkat lunak. Jika Anda tertarik dengan data tentang aplikasi, komponen sistem, atau keamanan tertentu, Anda harus menggunakan penampil standar. Terutama karena Anda sekarang tahu cara membukanya tanpa usaha ekstra.

Bagaimana cara mengaktifkan log boot di Windows 10?

Hari ini, kami ingin memberi tahu Anda bagaimana Anda dapat mengaktifkan log boot di Windows 10, karena cukup opsi penting yang harus dapat digunakan oleh setiap pengguna PC. Dengan mengaktifkan opsi sistem ini, Anda mendapatkan kesempatan tidak hanya untuk mem-boot OS, tetapi juga saat ini untuk mengumpulkan informasi tentang apa yang sebenarnya terjadi dengan sistem dan driver atau perpustakaan mana yang menolak untuk bekerja saat ini. Pendekatan serupa untuk memantau kesehatan Windows 10 sangat berguna, karena membutuhkan waktu minimum, tetapi pada saat yang sama, ini memberi pengguna file teks biasa dengan bentuk berikut "ntbtlog.txt", yang dapat dilihat di editor teks mana pun yang dikenal.

Bagaimana cara mengaktifkan boot log di Windows 10 melalui jendela Run?

Faktanya, metode ini dapat dianggap sebagai salah satu yang paling sederhana, karena di sini Anda harus terlebih dahulu beralih ke jendela "Jalankan", yang dapat dipanggil dengan menekan tombol "Win" secara bersamaan. + tombol R”. Segera setelah jendela "Run" dimuat, Anda harus memasukkan perintah "msconfig" di area pencariannya, setelah itu Anda dapat mengklik tombol "OK".

Sekarang, Anda berada di jendela "Konfigurasi Sistem", di mana Anda seharusnya hanya tertarik pada tab "Unduh", tetapi di " Unduh" tab itu sendiri, Anda perlu menemukan item "Unduh log" di depannya, beri tanda "centang". Tetap hanya mengklik "Terapkan" agar perubahan diterapkan dan pada tombol "OK", yang mengizinkan peluncuran jendela kecil di mana sistem operasi dengan ramah menawarkan Anda untuk mem-boot ulang, nah, Anda menyetujui tindakan ini dengan mengklik pada tombol "Restart" ".

mengumpulkan informasi tentang bagaimana dan apa yang berperilaku dalam program ini.

Setelah Windows sepenuhnya dimuat, kami sarankan Anda pergi ke folder berikut: "C: / Windows", di mana kami menemukan file teks kecil "ntbtlog". Kami membuka file teks ini menggunakan editor teks apa pun (sepertinya Notepad, yang ada di komputer, sangat ideal di sini) dan lihat laporan lengkap tentang boot sistem

Cara mengaktifkan log boot di Windows 10 "Baris perintah"?

Misalkan metode di atas mengaktifkan boot log di Windows 10 tidak cocok untuk Anda karena suatu alasan, dalam hal ini, kami sarankan Anda menggunakan ini metode, sehingga untuk beberapa PC kami ers, tampaknya lebih dapat diandalkan untuk beberapa alasan.

Sebagai Administrator, Anda harus membuka "Command Prompt", di mana Anda harus menjalankan perintah "bcdedit". Setelah menjalankan perintah, konsol akan diisi dengan informasi, yang akan menampilkan semua yang memengaruhi sistem operasi yang diinstal pada hard disk dan semua catatan boot. Sayangnya, kami hanya memiliki satu sistem yang terinstal di komputer kami, jadi akan ada beberapa elemen dalam daftar informasi konsol:

  • Boot Manager
  • Windows Boot

Dari informasi yang diberikan kepada kami, hanya "Windows Boot" yang diperlukan, hanya area di mana pengidentifikasi ditampilkan dalam bentuk "".

Tanpa meninggalkan "Baris perintah", Anda harus menjalankan perintah berikut: "bcdedit / set bootlog Ya".

Di tempat tertulis "", kami menulis pengidentifikasi yang kami miliki "" (dalam beberapa kasus, itu bisa berbeda), di akhir memasukkan perintah dan menjalankannya, tetap hanya untuk reboot sistem.

Bagaimana cara mendekripsi dokumen teks "ntbtlog.txt" dengan laporan?

Asumsikan bahwa Anda telah melakukan salah satu dari dua pengaturan yang dijelaskan di atas dan menerima dokumen ntbtlog.txt, yang berisi informasi yang Anda minati. Dalam hal ini, yang perlu Anda ketahui hanyalah bahwa Nilai "BOOTLOG_LOADED" menunjukkan bahwa elemen sistem (khusus driver) berhasil dimuat, sedangkan entri "BOOTLOG_NOT_LOADED" menunjukkan bahwa elemen sistem (khusus driver) tidak berhasil boot.

Kami berharap sekarang tidak akan sulit untuk mengetahui apa yang berfungsi untuk Anda sepenuhnya di OS atau, sebaliknya, tidak berfungsi, karena berkat laporan ini, dimungkinkan untuk memeriksa sistem, meskipun setelah setiap boot.

Bagaimana cara memilih folder lain untuk diunduh?

1. Buka pengelola unduhan (lihat instruksi sebelumnya).

2. Di bagian bawah jendela, di bawah daftar, klik Opsi.

3. Di jendela Opsi, klik Browse.

4. Gunakan klik mouse untuk menavigasi ke folder tempat Anda ingin melihat konten yang diunduh menggunakan IE. Klik tombol "Pilih Folder".

.

Anda juga dapat memilih direktori lain untuk menyimpan konten yang diunduh selama proses pengunduhan:

1. Mulai pengunduhan di halaman web.

2. Di panel pengaturan yang muncul di bagian bawah jendela, buka menu "Simpan".

3. Dalam menu, klik "Simpan Sebagai...".

4. Pilih folder. Klik Simpan.

Yang terbaik adalah menentukan folder penyimpanan di manajer yang tidak terletak di drive sistem. Dengan pendekatan ini, ada lebih sedikit risiko kehilangan data setelah menginstal ulang sistem, serangan virus. Jika Anda mengunduh banyak konten yang berbeda, Anda dapat membuat folder tambahan dengan mengetik di folder unduhan, misalnya, "Video", "Musik" dan tentukan jalur ke folder tersebut tambahan di bilah bawah browser setelah memulai unduhan.

Jika Anda hanya ingin menganalisis apa yang terjadi selama proses boot Windows 7, atau menemukan driver buggy yang memperlambat sistem, maka msconfig adalah alat yang tepat untuk pelajaran ini.

Dalam teknologi informasi, informasi adalah kuncinya. Melacak komputer Anda—mengetahui apa yang sedang terjadi, mengetahui apa yang sedang berjalan, dan mengetahui apa yang dimulai saat boot—adalah salah satu elemen utama dalam menjaga sistem tetap sehat dan sehat dari waktu ke waktu. Untuk mengontrol apa yang berjalan (tampaknya dalam mode sembunyi-sembunyi) di komputer Anda, Anda dapat menggunakan berbagai alat, seperti utilitas Autoruns, tetapi untuk beberapa, itu berlebihan.

AutoRuns adalah utilitas gratis untuk sistem operasi Microsoft Windows 32-bit dan 64-bit yang dikembangkan oleh Sysinternals dan kemudian diakuisisi oleh Microsoft Corporation. Utilitas ini mampu mengelola startup program, layanan, modul, driver dan komponen sistem lainnya.

Jadi, jika Anda hanya ingin menganalisis apa yang terjadi selama proses boot pada komputer Windows 7, maka Anda harus melihat lebih dekat pada utilitas msconfig.exe.

msconfig.exe adalah utilitas untuk mengelola program startup dan boot Windows.

Dengan msconfig, Anda dapat mengaktifkan Log Boot yang mencatat setiap driver yang dimuat selama proses boot. Setelah Anda memiliki informasi ini, Anda akan dapat mendiagnosis berbagai masalah, termasuk, dengan beberapa pengalaman, menemukan komponen yang mencurigakan dan berbahaya. Dan cara mengaktifkan log ini menggunakan alat msconfig.exe bawaan di Windows, kami akan pertimbangkan di bawah ini.